Kamis 03 Mar 2016 08:27 WIB

BioScore Cara Ketahui Usia Tubuh

Rep: c27/ Red: Andi Nur Aminah
Tubuh manusia (ilustrasi)
Foto: pegahoul.deviantart.com
Tubuh manusia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Usia biologis manusia tidak selalu berkaitan dengan usia tubuh. Terkadang usia tubuh Anda bisa lebih tua dari usia biologis sebenarnya.

Sering kali secara kasat mata Anda merasa telah sehat dan bugar. Padahal belum tentu seperti itu. Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, Fitness First membuat inovasi baru dengan mengeluarkan BioScore.

Bioscore ini merupkan sistem yang akan membantu memberikan perbandingan antara usia bilogis dengan usia sebenarnya. Untuk bisa menilai secara akurat, BioScore tidak hanya terbatas pada penilaian berat badan dan komposisi tubuh, tapi juga pada pola gaya hidup yang dilakukan oleh orang tersebut.

"Saat melihat timbangan, itu hanya mengukur secara kesuluruhan, tidak tahu bagaimana aktivitas fisik," ujar BioScore Master Trainer, Alia Basalamah di Senayan, Jakarta, Rabu (2/3).

BioScore akan melakukan tiga rangkaian tes yang saling berkesinambungan. Tes tersebut adalah health atau kesehatan, fitness atau kebugaran, dan tes lifestyle atau gaya hidup.

Pada tes kesehatan, akan dilihat tekanan darah, fungsi paru-paru dan rasio lingkar pinggang dengan tinggi tubuh. Pada tes kebugaran, melingkupi serangkaian latihan singkat dalam hal aerobik, kekuatan, fleksibilitas, kelincahan, dan daya tahan inti. Sedangkan tes gaya hidup berbentuk kuesioner yang wajib diisi secara jujur.

Hasil ketiga tes tersebut nantinya akan diakumulasi menjadi satu untuk melihat secara keseluruhan BioScore seseorang. Hasilnya bisa jadi  minus, plus, atau sama. Jika usia biologis seseorang 25 tahun, ketika di tes berusia plus tiga, maka orang itu usia tubuhnya lebih tua tiga tahun dari usia biologisnya," kata Alia. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement