Selasa 01 Mar 2016 18:00 WIB

Akhirnya, Oscar untuk DiCaprio

Red:

Reuters

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penantian panjang itu akhirnya berujung manis. Setelah melalui lima kali nominasi, akhirnya aktor Leonardo DiCaprio menyabet penghargaan Oscar yang pertama.

Kemenangan DiCaprio dalam ajang Academy Awards ke-88 yang diselenggarakan di Dolby Theater, Los Angeles, Ahad (28/2) waktu setempat itu disambut tepuk tangan meriah dari semua tamu yang hadir. Ia memenangkan penghargaan tersebut dalam kategori Best Actor for Leading Role atas perannya sebagai Hugh Glass dalam film The Revenant arahan sutradara Alejandro Gonzalez Innaritu.

Dalam pidatonya, ia berterima kasih kepada aktor Tom Hardy yang menjadi lawan mainnya di The Revenant, sutradara Alejandro Gonzalez Innaritu, sinematografer Emmanuel Lubezki, serta produser Martin Scorsese.

Tak ketinggalan, dia turut berbagi kebahagiaan pada Planet Bumi. Sebagai seorang aktivis lingkungan, DiCaprio juga mengambil kesempatan untuk berkampanye mengenai perubahan iklim di atas panggung Academy Awards ini.

Hal yang ingin ditekankan DiCaprio adalah bahaya perubahan iklim bagi makhluk hidup. "Perubahan iklim itu nyata. Fenomena ini menjadi ancaman bagi semua spesies di dunia. Kita harus mendukung pemimpin-pemimpin dunia yang berjuang demi kemanusiaan untuk seluruh umat manusia di dunia, untuk anak-anak kita, dan untuk mereka yang suaranya tenggelam ditelan ketamakan politik," ujar Leo, seperti dilansir dari Entertaiment Weekly.

Dalam penampilannya di karpet merah sebelum acara dimulai, DiCaprio tampak ditemani sahabat lamanya, Kate Winslet. Ia dan Winslet pertama beradu akting dalam film Titanic (1997) yang melambungkan nama keduanya di Hollywood.

Winslet sendiri sebelumnya mengatakan, ia sangat mendukung DiCaprio dalam Oscar 2016. Menurutnya, kemenangan DiCaprio merupakan hadiah terbesar bagi dunia perfilman dan ia merasa tersentuh dengan pidato DiCaprio yang disisipi misi pelestarian lingkungan. Winslet juga yang memberikan ucapan selamat paling hangat pada DiCaprio ketika akhirnya Oscar berhasil diraih sang aktor.

Oscar boleh jadi merupakan penghargaan yang lama dinanti oleh DiCaprio. Selama dua dekade, DiCaprio telah lima kali menjadi nominator Oscar, yaitu dalam film What's Eating Gilbert Grape (1993), The Aviator (2005), Blood Diamond (2007), The Wolf of Wall Street (2014), dan The Revenant (2015). Namun, dalam empat nominasi sebelumnya, aktor berusia 41 tahun ini belum pernah sekalipun membawa pulang Piala Oscar.

Sepanjang 25 tahun perjalanan kariernya di industri film, ia tercatat telah memenangkan 45 penghargaan. Khusus untuk perannya di film The Revenant, DiCaprio berhasil memenangkan 17 penghargaan sebagai Aktor Terbaik, termasuk dalam BAFTA Awards, Golden Globe, dan Academy Awards.

Penampilan pria yang akrab disapa Leo itu di The Revenant memang memukau dan layak diberikan penghargaan. Misalnya saja, saat pengambilan gambar di tengah cuaca ekstrem, ia harus memakan hati bison mentah dan tidur di dalam bangkai kuda, tanpa bantuan pemeran pengganti.

Di belakang panggung, aktor itu sempat mengungkap kekagumannya pada dukungan besar yang diberikan masyarakat, terutama lewat media sosial. ''Ini sungguh-sungguh tak terbayangkan,'' ujarnya.

Dalam Academy Awards tahun ini, Leo berhasil mengalahkan empat aktor lainnya. Aktor-aktor tersebut, di antaranya, Matt Damon dalam film The Martian, Bryan Cranston dalam film Trumbo, Eddie Redmayne dalam film The Danish Girl, dan Michael Fassbender dalam film Steve Jobs.

Selain memenangkan Best Actor for Leading Role, The Revenant juga memenangkan Piala Oscar dalam kategori Best Director untuk Innaritu dan Best Cinematoraphy untuk Lubezki. Tahun lalu, duo Innaritu dan Lubezki mendapatkan Oscar dalam kategori yang sama dalam film Birdman.

Berdampingan dengan DiCaprio, Brie Larson turut dinobatkan sebagai Aktris Terbaik Oscar 2016 lewat aktingnya dalam film Room. ''Terima kasih untuk kalian yang datang ke bioskop dan menonton film kami, saya mengapresiasi hal itu,'' kata Larson yang tampil menawan dengan gaun birunya.

Yang menarik, ini adalah nominasi sekaligus Academy Award pertama untuk Brie Larson.

Sedangkan, Spotlight, film mengenai drama jurnalisme investigasi, dinobatkan sebagai Film Terbaik Oscar 2016. "Film ini dapat menjadi corong suara bagi orang-orang yang selamat. Dan, Oscar ini memperkeras suara itu, kami harap ini bisa menjadi paduan suara yang terdengar hingga ke Vatikan," kata produser Michael Sugar seperti dilansir Antara.

Penghargaan Oscar terbanyak diraih oleh film Mad Max: Fury Road lewat sejumlah kategori, di antaranya, Desain Kostum Terbaik, Desain Produksi Terbaik, Tata Rias dan Rambut Terbaik, Penyuntingan Film Terbaik, Penyuntingan Suara Terbaik, serta Tata Suara Terbaik.

Dalam ajang penghargaan film paling dinanti ini, penonton juga dihibur oleh penampilan Lady Gaga. Turut menjadi nominator Oscar lewat lagunya "Til It Happens to You", Gaga tampil bersama para penyintas pelecehan seksual dengan melantunkan lagu tersebut. Bahkan, Wapres AS Joe Biden turut tampil di perayaan Oscar itu untuk menyuarakan dukungan pada para korban kekerasan seksual.  rep: Fira Nursya'bani ap/reuters  ed: Endah Hapsari

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement