Selasa 01 Mar 2016 08:59 WIB

Dokter Sarankan Terapkan Sarapan Sehat 3G

Rep: C27/ Red: Indira Rezkisari
Tambahkan buah dalam seporsi sarapan agar gizinya sempurna.
Foto: wikipedia
Tambahkan buah dalam seporsi sarapan agar gizinya sempurna.

REPUBLIKA.CO.ID, Sarapan sehat sangat penting bagi tubuh agar bisa memasok energi untuk waktu makan berikutnya. Menurut Grace Judio-Kahl Dokter Pemerhati Gaya Hidup, sarapan yang baik harus memenuhi kriteria Go, Grow, dan Glow atau 3G.

Kriteria Go lebih pada jenis makanan karbohidrat seperti nasi, roti, kentang, hingga sereal. Dengan kriteria Go ini membuat tubuh menghasilkan energi yang digunakan untuk beraktivitas.

Makanan go dinilai seperti bahan bakar penggerak untuk kendaraan. Jika kendaraan tidak memiliki bahan bakar yang baik, maka tidak akan jalan dengan maksimal.

Sedangkan makanan dengan kriteria Grow dapat diibaratkan dengan bahan bangunan yang membentul sebuah rumah. Jenis grow ini lebih kepada jenis makanan memiliki protein seperti ikan, tahu, tempe, telur, dan lainnya.

"Ini kaya bahan bangunan yang bikin tubuh kuat," ujar Grace pada acara "Kampanye Sarapan Sehat Nestle Indonesia di Semarang, Ahad (28/2).

Sedangkan Grow lebih pada makanan yang memberi kesehatan lebih pada tubuh. Seperti cat yang bisa mempercantik rumah atau bangunan, maka jenis ini akan lebih melengkapkan kebutuhan gizi tubuh.

"Tubuh perlu dibantu fungsinya dengan zat pembantu seperti vitamin dan mineral, didapat dari buah dan sayur," ujar Grace.

Grace menekankan, sarapan dengan pola Go, Grow, dan Glow ini akan mengawali hari dengan gizi yang tercukupi. Jika seorang mengkonsumsi roti, maka harus dipenuhi dengan keju atau daging , ditambah sayuran agar memenuhi kebutuhan tubuh setelah membuat perut kosong selama semalaman.

(baca: Baikkah Rutin Makan Tahu dan Tempe?)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement