Selasa 01 Mar 2016 08:25 WIB

5 Masalah Kesehatan Akibat Malas Sarapan

Rep: Puti Almas/ Red: Indira Rezkisari
Sarapan, makanan penting yang tidak boleh ditinggalkan.
Foto: pixabay
Sarapan, makanan penting yang tidak boleh ditinggalkan.

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak orang yang mengetahui bahwa sarapan begitu penting untuk dilakukan setiap hari. Makan di pagi hari membantu metabolisme tubuh dan menjaga kesehatan.

Namun, tak sedikit yang tetap melewatkan sarapan karena berbagai alasan. Padahal, banyak efek buruk yang dapat timbul jika Anda memilih untuk tidak makan di pagi hari. Dilansir Boldsky, inilah beberapa masalah yang membuat Anda harus berpikir dua kali untuk tetap sarapan.

Penyakit jantung

Orang-orang yang memilih untuk melewatkan sarapan berpotensi untuk terkena serangan jantung. Selain itu, mereka yang memilih untuk langsung makan siang, rentan memiliki hipertesi.

Diabetes tipe 2

Orang-orang, khususnya perempuan berpotensi terknea diabetes tipe 2. Hal ini bertambah buruk untuk para Kaum Hawa yang memilih untuk tidak sarapan secara rutin.

Obesitas

Fakta yang cukup mencengangkan adalah orang-orang yang memilih untuk tidak sarapan justru berpotensi obesitas. Hal itu karena dengan tidak makan di pagi hari, nafsu makan Anda menjadi meningkat, khususnya untuk menyantap makanan yang manis dan berlemak.

Migrain

Sakit kepala sebelah atau migrain dapat mudah terjadi pada orang yang melewatkan sarapan. Hal ini karena tidak makan di pagi hari membuat tekanan darah meningkat.

Menurunkan konsentrasi

Tidak sarapan membuat tubuh lemas dan asupan gizi dalam otak berkurang. Hal ini membuat Anda sulit berkonsentrasi saat melakukan aktivitas. Bahkan, dalam jangka panjang bisa mempengaruhi kemampuan memori atau mengingat yang Anda miliki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement