Senin, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 Februari 2020

Senin, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 Februari 2020

Sel Surya Ini 50 Kali Lebih Tipis Dibanding Rambut Manusia

Sabtu 27 Feb 2016 07:36 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Sel surya yang bisa diletakkan di atas gelembung udara.

Sel surya yang bisa diletakkan di atas gelembung udara.

Foto: MIT

REPUBLIKA.CO.ID,Ilmuwan menemukan sel surya yang sangat tipis. Begitu tipisnya, sel surya ini dapat ditempatkan di atas gelembung sabun tanpa harus merusaknya. Sel surya tipis ini bisa ditempatkan di masa saja, mulai dari baju pintar hingga balon helium.

"Bisa jadi, begitu ringannya hingga Anda tidak menyadari keberadaannya, di baju atau di notebook Anda," ujar salah seorang peneliti, Vladimir Bulovic dari MIT.

Kunci pembuatan sel surya super tipis ini adalah ilmuwan berhasil mengombinasikan antara substrat dan lapisan pendukung yang sesuai melalui satu proses. Sebuah polimer yang disebut parylene digunakan sebagai substrat dan pelapis. Sementara bahan dibutil ftalat (DBP) digunakan sebagai lapisan cahaya untuk menyerap  energi matahari.

Tidak seperti pendekatan konvensional pada pembuatan sel surya, pada proses ini dilakukan di ruang vakum pada uhu kamar. Keuntungannya, sel surya ini bisa terlindung dari debu atau kontaminan lainnya.

Proses ini dibuat tanpa menggunakan pelarut. Mereka menggunakan teknik deposisi uap dimana panas, tekanan dan reaksi kimia diproses untuk membuat lapisan yang sangat tipis. Lapisan ini digunakan untuk menumbuhkan substrat dan sel surya secara bersamaan.

Tim MIT mengatakan teknik ini menghasilkan sel surya ultra tipis yang 50 kali lebih tipis dibandingkan rambut manusia. Namun, sel surya ini bisa mengonversi energi sinar matahari efisien seperti sel surya pada umumnya. Temuan tim ini telah diterbitkan dalam jurnal Organic Electronics.

"Bahkan, jika Anda bernafas terlalu keras, Anda mungkin akan 'meniup' dan tak sengaja membuangnya," kata Joel Jean, peneliti lainnya.

baca juga: Setahun 'Kemah' di Luar Angkasa, Astronaut NASA Segera Pulang ke Bumi

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA