Jumat 26 Feb 2016 06:30 WIB

7 Bahan Herbal Ini Berkhasiat Membersihkan Paru-Paru

Rep: c34/ Red: Andi Nur Aminah
Coltsfoot
Foto: Megabored
Coltsfoot

REPUBLIKA.CO.ID, Polusi udara di sekitar Anda bisa berbahaya bagi paru-paru. Namun, di berbagai belahan dunia, terdapat sejumlah tanaman herbal yang bisa berkhasiat membersihkan paru-paru. Berikut tujuh tanaman herbal yang dipercaya berkhasiat membersihkan paru-paru yang tumbuh di berbagai negara dilansir Megabored.

 

1. Coltsfoot

Tanaman herbal Eurasia ini kerap digunakan secara tradisional di Austria untuk mengobati batuk, masalah pernapasan, infeksi kulit, rematik, asam urat, hingga infeksi virus. Seduh satu atau dua sendok makan coltsfoot kering selama 15 menit dan ramuan itu akan ampuh membersihkan paru-paru dan saluran bronkial dari lendir yang berlebih.

 

2. Elecampane

Tanaman herbal yang ditemukan di Inggris, Eropa Tengah, Eropa Selatan, dan Asia ini adalah obat ampuh untuk berbagai masalah pernapasan. Ekstrak akar elecampane membantu menghilangkan lendir berlebih, membunuh bakteri jahat yang menginfeksi paru-paru. Selain itu, juga mengurangi demam akibat infeksi dalam tubuh, dan mendorong pengusiran racun melalui keringat. Ambil satu sendok teh akar kering elecampane, jerang dalam secangkir air selama beberapa menit dan minum tiga kali sehari.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement