Kamis, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Kamis, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Jokowi Minta Pengadaan Barang Utamakan Komponen dalam Negeri

Selasa 23 Feb 2016 19:05 WIB

Red: Taufik Rachman

Joko Widodo

Joko Widodo

Foto: Republika/ Wihdan

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Presiden Joko Widodo telah meminta kementerian dan lembaga serta Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mengutamakan penggunaan komponen buatan Indonesia dalam pengadaan barang dan jasa.

"Kenapa ini terus kita tekankan, kita ingin agar beban biaya bisa dikurangi karena tidak perlu mengimpor. Sehingga meningkatkan daya saing dan 'competitiveness' industri kita di pasar dunia," kata Presiden saat membuka rapat terbatas tentang Tingkat Komponen Dalam Negeri di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Selasa.

Menurut Jokowi, penggunaan komponen buatan negeri sendiri dapat memperkuat struktur industri nasional yang tentu saja mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

Dengan meningkatnya produksi komponen dalam negeri, Jokowi berharap, dapat membuka lapangan kerja lebih luas bagi masyarakat.

"Tetapi dari beberapa kali pantauan saya, masih ada beberapa kementerian yang pengadaannya masih menggunakan barang impor," tegas Presiden.

Jokowi juga mengatakan masih terdapat beberapa BUMN yang juga menggunakan produk buatan luar negeri.

Sementara itu, Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan pihaknya akan mendorong seluruh kementerian dan lembaga serta BUMN yang melakukan pembangunan untuk menggunakan komponen dalam negeri.

"Kalau ini dapat dilakukan, industri dalam negeri akan tumbuh dan nilai tambah yang didapat jauh lebih besar," tegas Saleh.

sumber : antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA