Selasa 23 Feb 2016 16:00 WIB

Jangan Anggap Remeh, Ini Manfaat Vitamin A untuk Balita

Vitamin A
Foto: hidrateh20
Vitamin A

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, Jawa Barat, menggalakkan pemberian vitamin A untuk balita berusia 6-59 bulan guna mengantisipasi meningkatnya balita yang kekurangan vitamin tersebut.

"Agar seluruh balita bisa dengan mudah mendapatkan vitamin A, setiap Puskesmas dan Posyandu menyiapkan vitamin tersebut secara gratis," kata Kepala Dinkes Kota Sukabumi Ritanenny Edlien Silyena di Sukabumi, Selasa.

Melalui Bulan Pemberian Vitamin A, Dinkes Kota Sukabumi mengimbau seluruh orang tua yang memiliki balita usia 6-59 bulan, segera dibawa ke puskesmas atau posyandu terdekat untuk mendapat vitamin A secara gratis. Vitamin A berfungsi dalam proses pembentukan dan pertumbuhan sel darah merah, limfosit dan antibodi sehingga berperan dalam sistem kekebalan tubuh.

Yang tidak kalah penting, vitamin ini juga bermanfaat bagi kesehatan mata dan kulit termasuk dalam menjaga kesehatan mukosa saluran pernapasan, serta berperan dalam proses perkembangan embrio dan reproduksi. Sebab Vitamin A merupakan antioksidan kuat yang dapat menangkal radikal bebas berbahaya bagi tubuh.

"Pemberian vitamin A dalam dosis tinggi ini harus diberikan secara rutin enam bulan sekali dan untuk dosisnya sudah disesuaikan dengan usia dan kebutuhan si anak," ucap dia.

Rita mengatakan vitamin yang diberikan secara gratis ini bisa diperoleh di seluruh sarana fasilitas kesehatan, seperti rumah puskesmas pembantu, polindes atau poskesdes, balai pengobatan, praktek dokter dan Bidan Swasta, TK (Taman Kanak-Kanak) dan Pos PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) termasuk kelompok bermain dan tempat penitipan anak.

Di sisi lain, berdasarkan data WHO diperkirakan terdapat 250 juta anak prasekolah di seluruh dunia mengalami kekurangan vitamin A dan dalam setiap tahun terdapat sekitar 250 ribu hingga 500 ribu anak mengalami kebutaan serta separuh dari jumlah anak tersebut meninggal dalam jangka waktu 12 bulan akibat kekurangan Vitamin A.

Program suplementasi vitamin A aktif di Indonesia dikampanyekan sejak 1970 dan hingga saat ini masih terus digalakkan. Sebab Vitamin A atau Retinol ini merupakan salah satu vitamin yang larut dalam lemak dan tubuh yang tersimpan di hati.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement