Senin 22 Feb 2016 20:29 WIB

Satria Muda Amankan Kemenangan Kedua di Yogyakarta

Center Satria Muda Pertamina Vinton Nolland Surawi membawa bola melewati adangan center NSH Jakarta Ryan Febrian.
Foto: IBL
Center Satria Muda Pertamina Vinton Nolland Surawi membawa bola melewati adangan center NSH Jakarta Ryan Febrian.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Satria Muda Pertamina Jakarta mengamankan kemenangan kedua dalam lanjutan seri III Indonesian Basketball League (IBL) 2016. Satria Muda menghentikan perlawanan NSH Jakarta dengan skor 69-59 pada laga yang digelar di GOR Among Rogo, Yogyakarta, Senin (22/2).

Satria Muda langsung unggul 7-0 pada awal kuarter pertama. Dua tembakan tiga angka dari Arki Dikania Wisnu makin menjauhkan keunggulan Satria Muda.

Ketangguhan dari para bigman, serta persentase field goal yang tinggi, akhirnya membawa Satria Muda unggul 29-11 pada akhir kuarter pertama. Dua bigman Satria Muda, Vinton Nolland dan Kevin Yonas Sitorus tampil produktif dengan raihan masing-masing 13 poin dan tujuh poin.

Lewat akurasi tembakan yang membaik, NSH mencoba mengejar ketinggalan pada kuarter kedua. Sementara, produktivitas Satria Muda cenderung menurun, dan hanya berhasil mencetak sembilan poin pada kuarter kedua. NSH pun mempersempit margin ketinggalan 25-38 saat buzzer kuarter kedua berbunyi.

Satria Muda kembali tampil tajam di kuarter ketiga. Tembakan tiga angka Yosua membawa Satria Muda menjauhkan keunggulan 50-32. Tambahan 22 poin di kuarter ini membuat Satria Muda unggul 60-36 pada penghujung kuarter ketiga.

Tak lantas menyerah, NSH berusaha bangkit di kuarter keempat. Melalui rentetan tembakan tiga angka dari Luthfi Koswara dan Budi Margono, NSH terus memangkas margin ketinggalan. Mereka juga kerap berhasil memanfaatkan turnover lawan menjadi tambahan poin.

Puncak kebangkitkan tim asal Jakarta terjadi di lima menit terakhir kuarter keempat, di mana mereka sukses mencetak 21 points. Namun, hal itu belum cukup bagi NSH untuk membalikkan keadaan. Satria Muda tetap keluar sebagai pemenang dengan skor akhir 69-59.

Vintan Nolland memimpin perolehan angka Satria Muda, dengan torehan 15 points. Sementara, 13 points yang dicetak oleh Budi Margono menjadikan dirinya sebagai pencetak angka terbanyak NSH.

“Penampilan anak-anak lebih bagus daripada pertandingan sebelumnya. Tapi, saya kecewa dengan permainan mereka di lima menit terakhir karena lawan bisa mencetak 21 poin. Untuk pertandingan selanjutnya, kami harus bisa konsisten pada setiap kuarter,” ujar Cokorda Raka Satrya Wibawa, pelatih Satria Muda.

“Mengenai pemain rookie, mereka masih belum konsisten. Fokus mereka juga masih kurang. Mereka lebih asyik menyerang, dan lupa bertahan,” tambah pelatih yang akrab disapa Wiwin itu.

“Meski kualitas pemain Satria Muda lebih bagus daripada kami, saya menekankan kepada anak-anak untuk menjaga margin poin agar tidak terlalu jauh. Dan, usaha mereka pada pertandingan ini sudah cukup baik. Tembakan tiga angka dari Luthfi (Koswara) dan Budi (Margono) cukup berpengaruh untuk membalikkan kepercayaan diri anak-anak,” kata Mayckel Ferdinandus, pelatih NSH.

Meski menang, Satria muda masih tertahan di peringkat kelima klasemen sementara IBL 2016 dengan koleksi 22 points. Bimasakti Nikko Steel Malang akan menjadi lawan Satria Muda berikutnya. Pertandingan tersebut akan digelar pada hari Rabu (24/02/2016). Pada hari yang sama, NSH akan bersua Hangtuah Sumsel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement