Minggu, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 Desember 2019

Minggu, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 Desember 2019

Perpusda Purbalingga Luncurkan Layanan Pesan Antar Buku

Senin 22 Feb 2016 16:51 WIB

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih

Sejumlah anak membaca buku yang disediakan gratis di mobil perpustakaan keliling, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Ahad (11/10).   (Antara/Sigid Kurniawan)

Sejumlah anak membaca buku yang disediakan gratis di mobil perpustakaan keliling, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Ahad (11/10). (Antara/Sigid Kurniawan)

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -– Terobosan layanan dilakukan Perpustakaan Daerah Kabupaten Purbalingga. Melalui website perpusda yang rencananya akan dioperasikan Maret 2016 mendatang, Perpusda Purbalingga akan meluncurkan fasilitas pesan antar bagi anggota perpusda yang ingin meminjam buku koleksi perpusda.  

"Website perpusda rencananya akan kita luncurkan Maret 2016. Melalui website tersebut, pelanggan bisa melihat koleksi buku apa saja yang ada di perpusda, dan meminjam melalui fasilitas layanan pesan antar," kata Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) Sidik Purwanto,  Senin (22/2).

Layanan pesan antar ini, menurut dia, juga diikuti dengan fasilitas mobil perpustakaan keliling. "Nanti yang mengantar buku yang dipesan anggota, adalah petugas perpusda yang mengoperasikan mobil keliling. Selain mengantar buku yang dipesan, petugas tersebut juga sekaligus melayani warga yang ingin meminjam buku melalui mobil perpustakaan keliling," jelasnya.

Menurutnya, dengan pengoperasian mobil perpustakaan keliling, maka pelayanan perpusda bisa menjangkau warga di pedesaan. Dengan demikian, masyarakat di pedesaaan juga bisa mengakses buku-buku yang menjadi koleksi perpusda.

Menurut Sigit, mobil keliling yang dioperasikan telah dilengkapi dengan  komputer jaringan sehingga memungkinkan masyarakat untuk mengakses langsung ke server koleksi buku di kantor perpustakaan. Pengoperasian mobil keliling ini diluncurkan Bupati Tasdi dengan didamping Wabup Dyah Hayuning Pratiwi sesuai apel pagi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA