Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Belanda Akan Larang Ekspor Daging Halal

Sabtu 20 Feb 2016 02:02 WIB

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Andi Nur Aminah

Daging merah

Daging merah

Foto: flickr

REPUBLIKA.CO.ID, DEN HAAG -- Pemerintah Belanda berencana melarang eksor daging halal untuk mengurangi jumlah hewan yang disembelih melalui ritual agar berkurang pula penderitaan pada hewan-hewan tersebut. Melalui suratnya, Menteri Muda Urusan Ekonomi Belanda Martijn van Dam mengatakan, praktik penyembelihan yang berlangsung saat ini tidak bisa diterima. Efek negatif kesejahteraan hewan harus diminimalisir.

"Peraturan baru ini rencananya akan dilakukan pada Januari 2017 mendatang," ungkap van Dam seperti dikutip Dutch News baru-baru ini.

Pemerintah Belanda akan memastikan hewan-hewan yang disembelih berdasarkan ritual tertentu akan diberi label jelas dan hanya akan beredar di komunitas tertentu, tidak untuk ekspor. Van Dam mengaku sudah bicara dengan organisasi serta rumah potong hewan komunitas Yahudi dan Muslim untuk membuat kesepakatan mengenalkan aturan baru ini. 

Mulai tahun depan pula, para petugas jagal hewan dari komunitas agama akan didata oleh otoritas terkait. Karena dalam komunitas agama hewan-hewan tidak boleh dibuat pingsan. Tes refleks mata akan dilakukan untuk memastikan hewan berada dalam kondisi tenang sebelum disembelih.

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA