Monday, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 February 2020

Monday, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 February 2020

Berapa Lama Susu Sapi Tahan di Kulkas?

Rabu 17 Feb 2016 14:33 WIB

Rep: Aprilia Safitri Ramdhani/ Red: Indira Rezkisari

Puluhan pelajar SDBI 01 Besuki Menteng, merayakan Hari Susu Sekolah Sedunia dengan minum susu bersama di sekolah mereka, Menteng, Jakarta Pusat.

Puluhan pelajar SDBI 01 Besuki Menteng, merayakan Hari Susu Sekolah Sedunia dengan minum susu bersama di sekolah mereka, Menteng, Jakarta Pusat.

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, Susu sapi yang dibeli dalam kotak memiliki masa simpan yang berbeda-beda. Beberapa susu lebih cepat basi dibanding lainnya, meski sama-sama disimpan di lemari pendingin.

Susu segar dari sapi umumnya memiliki waktu kedaluwarsa tidak lebih dari satu bulan. Darmanto Setyawan selaku Head of Dairy Manufacturing PT. Greenfields Indonesia menyarankan sebaiknya jika sudah membeli susu harus segera diminum dan jangan disimpan terlalu lama di dalam lemari pendingin.
 
Jika tidak, susu bisa rusak dan dapat mempengaruhi rasa serta manfaatnya bagi tubuh. Susu sendiri bisa rusak akibat adanya bakteri yang berkembang biak serta menyerap protein dan lemak di dalam susu, akibatnya susu menjadi rusak dan asam.
 
“Bakteri yang berkembang itu, menyerap gizi yang terdapat dalam susu. Mereka kemudian berkembang biak dan mengeluarkan zat sisa makanan tersebut di dalam susu, sehingga susu jadi rusak. Nah, di sinilah kegunaan lemari pendingin untuk mencegah bakteri-bakteri tersbeut berkembang biak meskipun kalau masuk lemari es bakteri tidak mati tapi paling tidak perkembangannya dapat dicegah,” ungkapnya.
 
Darmanto menyarankan agar susu baiknya segera dihabiskan dan jangan di simpan terlalu lama di dalam lemari es. Agar kualitas susu tetap terjaga dan nutrisi yang terkandung di dalamnya juga bisa terjaga dengan baik.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA