Rabu 17 Feb 2016 13:25 WIB

Cocokkah Manusia Minum Susu Kuda atau Unta?

Jangan buru-buru membuang susu dari kebiasaan makan anak, susu memiliki manfaat yang baik bagi anak.
Foto: pixabay
Jangan buru-buru membuang susu dari kebiasaan makan anak, susu memiliki manfaat yang baik bagi anak.

REPUBLIKA.CO.ID, Air susu ibu, susu sapi dan susu kambing telah lazim dikonsumsi, bagaimana dengan susu kuda atau unta?

Pakar gizi Emilia Achmadi mengatakan susu yang diperah dari kuda dan unta boleh-boleh saja dikonsumsi manusia, hanya saja kadar gulanya relatif lebih tinggi ketimbang susu dari mamalia lain.

"Karena didesain untuk sumber energi mereka, kuda kerjanya lari, sementara unta angkat barang," kata Emilia di Jakarta, Selasa (16/2).

Sebagai perbandingan, dalam segelas susu sapi terdapat 13 gram karbohidrat, air susu ibu 17 gram, susu kambing 11 gram, susu kuda 17,2 gram dan susu unta 20 gram.

Dia mengatakan, air susu ibu tetap merupakan pilihan sempurna bagi manusia karena nutrisinya paling mudah diserap tubuh.  Emilia juga meluruskan salah kaprah mengenai susu yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan, seperti susu kedelai atau soya.

"Susu itu cairan putih yang diproduksi kelenjar mamalia," tegasnya.  Maka, istilah yang tepat adalah ekstraksi soya. Minuman tersebut memang punya kandungan kalsium, namun jumlahnya hanya sepertiga dibandingkan susu sapi.

Di sisi lain, protein dari ekstraksi soya lebih tinggi ketimbang susu sapi. "Tapi manusia lebih bisa mengolah protein dari hewan, kalo proses mengolah protein tumbuhan lebih susah," tuturnya, dikutip dari Antaranews.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement