Selasa 16 Feb 2016 06:40 WIB

Ini Manfaat yang Timbul Ketika Mengonsumsi Telur

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Andi Nur Aminah
Telur rebus
Telur rebus

REPUBLIKA.CO.ID, 

Telur adalah solusi termudah, termurah, dan juga serba guna untuk meningkatkan pasokan protein.  Tak hanya kaya protein, telur juga bisa menjaga kesehatan. Telur kaya dengan asam amino, antioksidan, dan zat besi. 

Tapi jangan hanya memakan putih telurnya, karena kuning telur mengandung nutrisi pelawan lemak yang disebut kolin. Jadi, memakan telur utuh bisa membuat Anda tampil lebih langsing. Berikut adalah efek-efek fantastis yang terjadi dalam tubuh ketika Anda mengonsumsi telur seperti dilansir Eatthis.

1. Mendorong penguatan sistem imun 

Jika Anda ingin terhindar dari infeksi, virus, dan penyakit sertakan sebutir atau dua butir telur dalam pasokan makan harian Anda. Sebutir telur mengandung hampir seperempat kebutuhan selenium harian. Nutrisi itu bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengatur hormon tiroid. Anak-anak sangat dianjurkan untuk mengonsumsi telur. Jika mereka tidak mendapatkan asupan selenium yang cukup, bisa terjadi gangguan di jantung, tulang, dan sendi. 

 

2. bisa meningkatkan kadar kolesterol baik

Ada tiga hal tentang kolesterol yang banyak orang tahu. Pertama, kolesterol tinggi adalah hal buruk. Kedua, ada kolesterol yang baik dan buruk. Ketiga, telur mengandung banyak kolesterol. 

Sebutir telur mengandung 212 miligram kolesterol. Namun, bukan berarti jumlah tersebut akan membangkitkan kolesterol jahat dalam darah. Tubuh kita secara konsisten memproduksi kolesterol dan telur terbukti bisa memperbaiki kadarnya dalam darah. Bagaimana caranya? Telur ternyata mampu meningkatkan kadar kolesterol baik atau yang disebut HDL.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement