Jumat 12 Feb 2016 22:03 WIB

Pelukis Kelompok Tepi Barat Warnai Kepariwisataan Borobudur

Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.   (foto : AP)
Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. (foto : AP)

REPUBLIKA.CO.ID, BOROBUDUR, JATENG -- Pameran lukisan oleh tujuh seniman bertajuk "Katresnan" mewarnai aktivitas kepariwisataan di kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

"Kegiatan pameran bersama ini diselenggarakan untuk mewarnai kegiatan wisata di Borobudur dan sekitarnya. Bahwa berwisata ke sini bukan hanya menyaksikan Candi Borobudur, tetapi juga aktivitas kepariwisataan lainnya termasuk kegiatan seni budaya di sekitarnya," ujar ketua panitia kegiatan, Hatmojo, Jumat sore.

Sebanyak tujuh pelukis dari Yogyakarta dan Magelang yang tergabung dalam Kelompok Tepi Barat melakukan pameran bersama bertajuk "Katresnan" (Kasih Sayang) selama sebulan, mulai 14 Februari hingga 14 Maret 2016.

Mereka adalah Ashari dengan salah satu karya berjudul "Sinergi nan Tak Kenal Batas", Budi Arthe (Love Colaboration), Iksan Kleot (Belajar dari Kegagalan), Joko Atmaja (Katresnan), Nanang Nurcahyo (Uret), Taufik Oblonk (Lingga Yoni), dan Nurfuad (Inspiration#2).

Tujuh pelukis itu juga membuat karya lukis secara kolaborasi dalam bentuk instalasi dengan judul "Udan Katresnan". Pameran berlangsung di Galeri Pondok Tingal, sekitar 500 meter timur Candi Borobudur yang juga warisan budaya dunia tersebut.

"Tema 'Katresnan' menjadi tanda semakin kuat jalinan silaturahim antarseniman, termasuk juga mengirim pesan betapa pentingnya silaturahim antarmanusia dalam era kemajuan teknologi informasi saat ini," ujar Hatmojo yang juga pegiat Gabungan Seniman Borobudur (Gasebo) itu.

Ia mengatakan sekitar 25 karya dipamerkan pada kesempatan itu. Berbagai karya itu, antara lain bercorak abstrak, dekoratif, grafis, dan realis.

"Beragam karya lukis yang dipamerkan," ujarnya.

Ia mengatakan pameran bersama juga untuk meningkatkan apresiasi masyarakat luas terhadap karya seni, khususnya lukisan.

"Apalagi Borobudur dengan kawasannya saat ini semakin dikenal publik sebagai tempat pameran karya lukis," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement