Jumat 12 Feb 2016 09:09 WIB

Cara Baru Hindarkan Anak dari Alergi

Rep: c34/ Red: Andi Nur Aminah
Anal bayi bermain dengan kucing
Foto: Safebee
Anal bayi bermain dengan kucing

REPUBLIKA.CO.ID, Menjauhkan kacang, hewan peliharaan, dan penyebab alergi (alergen) potensial lainnya mungkin kelihatan seperti cara terbaik menghindarkan anak dari alergi. Namun, penelitian terbaru menunjukkan ada cara baru yang lebih efektif.

Kedengarannya mungkin seperti cara yang buruk, yakni mengekspos anak terhadap alergen tertentu pada usia dini. Studi tersebut menunjukkan, pemaparan alergen dalam batas tertentu justru bisa membantu menurunkan tingkat alergi anak.

"Perlu ada penelitian lebih lanjut, tetapi beberapa temuan menguatkan kesimpulan tersebut," kata Direktur Alergi dan Imunologi di Rumah Sakit Anak Nicklaus di Miami, Vivian Hernandez-Trujillo, MD. Berikut rinciannya dilansir Safebee.

Mencegah alergi kucing

Beberapa bukti menunjukkan bahwa anak-anak yang tinggal bersama anjing dan kucing sejak dini cenderung tidak alergi terhadap hewan. Studi di Finlandia menemukan, anak-anak tersebut memiliki bakteri yang biasa ditemukan pada hewan dalam usus mereka, yang disebut Bifidobacteria. Para peneliti berteori, bakteri itu mengubah sistem kekebalan tubuh anak dan melindungi mereka terhadap alergi.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement