Jumat 12 Feb 2016 06:16 WIB

5 Makanan Penjaga Kesehatan Liver

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Indira Rezkisari
Alpukat kaya lemak baik, coba padukan dengan sedikit nasi dan gulung ala sushi untuk meraih manfaat baik alpukat.
Foto: EPA
Alpukat kaya lemak baik, coba padukan dengan sedikit nasi dan gulung ala sushi untuk meraih manfaat baik alpukat.

REPUBLIKA.CO.ID, Liver atau hati adalah organ penting dalam tubuh. Hati memiliki banyak fungsi dan terletak di sebelah kanan perut. Fungsi hati paling penting adalah untuk menghancurkan racun-racun dari tubuh. Tak hanya itu, hati juga bisa menghancurkan lemak.

Peran hati memang banyak. Namun, hati yang tidak sehat bisa menjadi bahaya dan menghasilkan masalah pencernaan, obesitas, alergi, sakit kepala, dan pelemahan daya tahan tubuh. Sehingga, perlu bagi kita semua untuk menjaga kesehatan hati.

Sejumlah makanan bisa membantu hati tetap sehat dan berfungsi normal jika dikonsumsi secara rutin. Makanan ini bisa dikonsumsi secara mentah atau dimasak terlebih dahulu.

Berikut adalah makanan-makanan yang baik untuk kesehatan hati seperti dilansir dari Boldsky, Jumat (12/2).

Alpukat

Alpukat mengandung antioksidan yang bisa membantu proses penyaringan dalam hati. Alpukat bisa membantu menyingkirkan zat-zat berbahaya dari tubuh. Oleh karena itu, masukkan alpukat dalam daftar diet Anda agar hati Anda terus sehat.

Apel

Apel mengandung pektin yang bisa membantu tubuh membersihkan saluran pencernaan. Pektin bahkan kerap dianggap sebagai agen pembersih dalam tubuh. Dengan mengonsumsi apel secara rutin, Anda bisa menjaga kesehatan hati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement