Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Mantan Presiden El Salvador Sebut Uang di Rekeningnya Legal

Kamis 11 Feb 2016 10:18 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah

Mantan Presiden El Salvador Mauricio Funes.

Mantan Presiden El Salvador Mauricio Funes.

Foto: Frank Franklin II, File/Associated Press

REPUBLIKA.CO.ID, SAN SALVADOR -- Mantan Presiden El Salvador Mauricio Funes akan menghadapi pengadilan sipil setelah tidak bisa menjelaskan dana misterius yang ditemukan di rekening pribadinya, Rabu (10/2). Dana tersebut berjumlah lebih dari 700 ribu dolar AS.

Menurut Mahkamah Agung pengadilan telah memerintahkan pembekuan empat rekening untuk menghentikan pengiriman uang ke pihak ketiga. Otoritas juga melakukan penyelidikan terhadap aset Funes.

(Baca: MA El Salvador Tuntut Mantan Presiden)

Mantan jurnalis TV yang memerintah El Salvador pada 2009-2014 itu membantah tuduhan penyalahgunaan dana. Dalam akun Twitter, ia mengatakan pengacaranya telah mengirimkan bukti pengadilan uang tersebut berasal dari sumber yang legal.

Funes dinilai tidak menghadapi ancaman penjara atau harus membayar denda dan mengembalikan dana yang belum diverifikasi itu jika terbukti bersalah. Funes sendiri menuduh mantan presiden lain, Francisco Flores atas tindakan penggelapan dana.

Flores sedang menunggu pengadilannya selama jadi tahanan rumah. Namun ia meninggal karena stroke bulan lalu sehingga proses hukumnya terputus namun penyelidikan tetap berlanjut untuk mencari keterkaitan.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA