Monday, 11 Safar 1442 / 28 September 2020

Monday, 11 Safar 1442 / 28 September 2020

Purwakarta Targetkan Elektrifikasi untuk 4.000 KK Tahun Ini

Senin 08 Feb 2016 16:00 WIB

Rep: Ita Nina Winarsih / Red: Maman Sudiaman

Petugas memeriksa jaringan listrik di Gardu Induk Tangerang Baru, Banten, Kamis (9/2). (Republika/Wihdan Hidayat)

Petugas memeriksa jaringan listrik di Gardu Induk Tangerang Baru, Banten, Kamis (9/2). (Republika/Wihdan Hidayat)

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Purwakarta, Jabar, menargetkan tahun ini program listrik desa selesai 100 persen. Pasalnya, rumah tangga miskin yang belum menikmati listrik tinggal 4.000 kepala keluarga (KK) lagi. 

Kepala Dinas ESDM Kabupaten Purwakarta, Akun Kurniadi, mengatakan, saat ini proyek Lisdes ini sedang dilelang. Diharapkan, pada Maret mendatang sudah ada pemenang tendernya. Supaya, segera bisa action di lapangan. "Kami targetkan, yang 4.000 KK ini bisa terpasang seluruhnya pada anggaran murni 2016," ujar Akun, kepada Republika.co.id, Senin (8/2).

Adapun anggaran untuk Lisdes ini, sebesar Rp 6 miliar. Alokasi tersebut, diperuntukan bagi biaya pemasangan (BP), instalasi, serta pembuatan sebagian jaringan. Mengingat, 4.000 KK yang belum teraliri listrik tersebut lokasinya berada di wilayah pinggiran dan pedalaman. Sehingga, jaringan ke lokasi itu mengisyaratkan harus dibuatkan baru.

Sementara itu, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, mengatakan, tahun ini pihaknya ingin elektrifikasi di wilayahnya sampai 100 persen. Program Lisdes ini, telah dituntaskan selama empat tahun terakhir. Awalnya, rumah miskin yang belum teraliri listrik mencapai 100 ribu KK. Tapi, selama empat tahun terakhir terus digenjot, hingga menyisakan 4.000 KK lagi.

"Selama empat tahun ini, Lisdes jadi prioritas program kerja," ujarnya.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA