DPR Tuding Pemerintah Setengah Hati Berdayakan Petani Rumput Laut

Sabtu , 06 Feb 2016, 12:44 WIB
 Anggota Komisi IV DPR Bagus Adhi Mahendra Putra
Anggota Komisi IV DPR Bagus Adhi Mahendra Putra

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Anggota Komisi IV DPR Bagus Adhi Mahendra Putra menilai, pemerintah masih setengah hati melakukan pemberdayaan dan perlindungan terhadap para petani dan nelayan rumput laut. Pasalnya, sampai saat ini belum ada stabilitas harga jual dan kejelasan kesejahteraan para petani.

Menurut politisi F-Golkar ini, pemberdayaan dan perlindungan, dua hal yang tidak bisa dipisahkan, " Saya berharap pemerintah bisa memberdayakan dan membudidayakan rumput laut secara serius, Rumput laut ini bisa dikembangkan menjadi berbagai macam olahan seperti agar-agar, manisan" ujar Bagus saat kunjungan kerja di Bali.

Ia mengharapkan, RUU tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan dan Pembudidaya Ikan segera rampung dan disahkan paripurna sebelum masa sidang berakhir.

Menurut Dekan  Fakultas Kelautan dan Perikanan, Universitas Udayana, I Wayan Arthana, hasil rumput laut Bali saat ini sedang mengalami penurunan kualitas. Hal itu terjadi karena  panen muda. Normalnya 4 bulan panen, namun, dipaksakan hanya  3 bulan karena tuntutan ekonomi mereka. Akibatnya berdampak pula kepada lemahnya daya beli yang menyebabkan kesejahteraan para petani terancam.