Jumat 05 Feb 2016 09:09 WIB

Ini Solusi Sederhana Hidung Tersumbat

Rep: c27/ Red: Andi Nur Aminah
Pilek/ilustrasi
Foto: guardian.co.uk
Pilek/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Pergantian musim telah tiba dan Anda harus bersiap dengan payung setiap saat. Hujan bisa datang kapan saja tanpa pernah terduga meski pun sudah ada prediksi cuaca.

Dengan keadaan cuaca yang aneh, kadang panas dan tiba-tiba hujan, kondisi tubuh akan menurun. Tubuh pun akan mudah terserang penyakit. salah satu kasus yang terbanyak adalah masalah pada saluran pernapasan.

Pilek dan flu menjadi penyakit yang harus dihadapi ketika pergantian musim tiba. Untuk membuat tubuh tetap sehat ketika gejala hidung tersumbat mulai menyerang, ternyata ada solusi sederhana yang bisa dilakukan, dengan bahan alami dan mudah didapatkan. Apakah itu? Bawang putih solusi sederhananya.

Ya, cukup dengan menyediakan tiga higga lima siung bawang putih, cengkeh, lalu panci yang berisi air dan handuk. Kemudian didihkan air yang berada di dalam panci, kupas kulit bawang putih, cincang, masukan bersamaan dengan cengkeh ke dalam air yang mendidih.

Setelah mendidih, letakkan handuk di atas panci tersebut sehingga uapnya tidak kemana-mana. Hiruplah uap yang dikeluarkan dari dalam panci tapi usahakan jaraknya cukup aman sekitar dua atau empat inci dari kepala.  Hirup napas dalam-dalam dan hembuskan. Lakukan beberapa menit hingga Anda merasa lebih baik.

Mengapa cara ini bisa berhasil? Dikutip dari Purewow, alasannya karena bawang putih memiliki anti-bakteri alami. Ketika bawang putih dihancurkan, dia melepaskan komponen yang disebut allicin. Senyawa ini membantu mengencerkan lendir yang menghalang saluran pernapasan Anda. Di samping itu, Allicin juga dapat mengurangi peradangan yang membuat saluran udara tersumbat pada pernapasan Anda.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement