Kamis , 04 Feb 2016, 13:54 WIB

Kapal Ternak akan Angkut 500 Sapi NTT

Red: Taufik Rachman
Kapal Ternak Camara Nusantara 1
Kapal Ternak Camara Nusantara 1

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Kapal ternak Camara Nusantara I, yang disiapkan Presiden Joko Widodo, akan mengangkut 500 ekor ternak sapi dari Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Kapal ternak sudah tiba di Kupang. Kapal ini akan mengangkut 500 ekor ternak sapi untuk dibawa ke Pulau Jawa," kata Kepala Dinas Peternakan Provinsi NTT Dany Suhadi kepada Antara di Kupang, Kamis.

Menurut dia, dari 500 ekor ternak sapi itu, 300 ekor akan diangkut dari Pelabuhan Tenau Kupang dan sisanya akan diangkut di Pelabuhan Waingapu, Kabupaten Sumba Timur.

"Ada 500 ekor ternak sapi yang diangkut. Sebanyak 300 ekor milik pengusaha di Kupang dan sisanya milik pengusaha di Pulau Sumba dan itu sesuai dengan kapasitas maksimal kapal," katanya menjelaskan.

Dia mengatakan, pengangkutan ternak itu sesuai dengan kesepakatan bersama dengan Kementerian Pertanian dan Pemerintah Daerah.

Menurut dia, kehadiran kapal ternak dalam program tol laut ini sangat menguntungkan pengusaha karena biayanya lebih murah.

Selama ini, kata dia, para pengusaha harus mengirim ternak ke Jakarta melalui Pelabuhan Surabaya, dan melanjutkan perjalanan melalui darat.

Pengiriman ini, selain memakan waktu dan biaya yang tinggi, resiko patah tulang dan kematian ternak tinggi sehingga merugikan pengusaha.

Dia berharap, kapal ternak ini bisa terus beroperasi untuk membantu para pengusaha di daerah.

Video

Setjen DPR RI Komit Berdayakan Perempuan