Selasa 26 Jan 2016 17:21 WIB

Masakan Sehat tak Selalu dari Bahan Organik

Rep: Desy Susilawati/ Red: Andi Nur Aminah
Sayuran organik
Foto: Prayogi/Republika
Sayuran organik

REPUBLIKA.CO.ID, Ada yang mengatakan masakan yang sehat adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar makanan organik.  Namun hal ini dibantah oleh Chef Lucky Andreono, pemenang Master Chef Indonesia Musim I. 

Menurutnya masakan sehat tidak dapat ditentukan oleh bahan makanan yang organik. Karena bahan organik itu diartikan tanpa menggunakan pestisida dalam proses tanamnya. Sedangkan di Indonesia standar penanaman secara organik belum jelas seperti apa. 

Sementara di Eropa standar organik sudah jelas, di mana tanah yang akan ditanami tidak boleh kena pestisida selama 10 tahun. Karena pestisida akan mengendap di tanah selama 10 tahun.

"Organik memang lebih sehat karena tidak ada tambahan pestisida. Namun di Indonesia standar organiknya belum tahu seperti apa," ujarnya kepada wartawan di Jakarta belum lama ini. 

Selain itu, cara memasak yang salah juga membuat masakan menjadi tidak sehat. Karena nutrisi yang ada dalam masakan hilang atau berkurang 

Apalagi jika peralatan masak yang tidak sehat atau bahkan berkarat. Misalnya alat panggang berkarat. "Nah ini justru akan menimbulkan racun karena itu harus dibersihkan," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement