Senin 25 Jan 2016 13:01 WIB

Antibiotik Hanya Ampuh Bunuh Bakteri, Bukan Virus Lho

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Gunakan selalu antibiotik sesuai dosis dan konsultasikan dulu dengan dokter.
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Gunakan selalu antibiotik sesuai dosis dan konsultasikan dulu dengan dokter.

REPUBLIKA.CO.ID, Sejak pertama kali ditemukan pada 1928 silam, antibiotik sangat berguna untuk menyembuhkan banyak pasien dengan penyakit infeksi.

"Dahulu banyak orang meninggal karena infeksi, namun dengan adanya antibiotik masalah tersebut bisa teratasi," ujar Ketua Komite Pengendalian Resistensi Antimikroba (KPRA) Kementerian Kesehatan RI, dr Hari Paraton SpOG(K).

Antibiotik adalah segolongan molekul yang dihasilkan oleh suatu mikroba, terutama fungi atau jamur, baik alami maupun sintetik, yang mempunyai efek menekan atau menghentikan suatu proses biokimia didalam organisme, khususnya dalam proses infeksi dalam bakteri.

Antibiotik adalah obat ampuh dan bermanfaat jika digunakan dengan benar. Namun, jika digunakan tidak semestinyam antibiotik justru akan mendatangkan berbagai kerugian.

"Antibiotika hanya bermanfaat dan efektif  untuk membunuh bakteri, tapi tidak membunuh virus. Penyakit yang bisa diobati dengan antibiotik adalah penyakit-penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri," ujar Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia yang juga pulmonologis, dr M Arifin Nawas SpP(K), MARS.

Penggunaan antibiotik yang kurang tepat bisa menyebabkan resistensi terhadap antibiotik. Pasalnya, bakteri memiliki kemampuan untuk melawan efek obat. Resistensi antibiotik bisa menyebabkan kematian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement