Senin 25 Jan 2016 10:02 WIB

Cara Tersehat Makan Siang Saat Jam Kantor

Rep: C27/ Red: Indira Rezkisari
Makan siang
Foto: pixabay
Makan siang

REPUBLIKA.CO.ID, Saat jam istirahat kantor, sering kali pekerja makan di meja kerja sambil masih berkutat  pekerjaan. Jika memilih makan di luar, maka suasana makan justru diliputi dengan buru-buru.

Meski memikirkan laporan yang menumpuk, atau segudang analisa yang belum terselesaikan, pekerja tetap harus makan dengan layak di jam istirahat. Makan dengan baik dan tidak di meja kerja sangat memungkinkan memberikan efek positif bagi kesehatan dan juga kebiasaan.

Menurut penelitian di The American Journal of Clinical Nutrition, manusia mengkonsumsi lebih banyak kalori ketika makan di komputer atau menonton TV. Dr Connie Diekman, yang bekerja pada studi ini, menyarankan agar makan terlebih dahulu kemudian kembali ke komputer, baru makan beberapa gigitan lagi setelah lepas dari komputer. Lebih baik lagi, jika hanya fokus pada makan siang untuk setidaknya 20 menit.

"Sangat penting bahwa kita duduk tegak sambil makan, bukannya membungkuk di atas meja, dan itu juga penting untuk makan secara perlahan," ujar Ahli Gizi Shona Wilkinson dikutip dari Times of India.

Dengan membiasakan makan sambil duduk tegak akan meningkatkan pencernaan, mengurangi kembung, dan ketidaknyamanan. Mengunyah makanan juga harus dengan hati-hati, agar nutrisi yang terkandung dapat dicerna dengan baik dan tidak menyebabkan kembung.

(baca juga: Peneliti: Makanan Sisa Baik untuk Kesehatan, Kok Bisa?)

"Ketika kita sedang terburu-buru, kita lebih cenderung untuk meraih cepat, makanan olahan yang penuh lemak dan gula," kata Shona.

Hindari makanan yang manis dan tinggi karbohidrat. Alih-alih ingin memberikan pasokan energi yang besar, justru malah menghasilkan kemerosotan energi dengan cepat.

Lebih baik memilih makanan dengan kandungan protein yang cukup. Protein diyakini dapat memperlambat pelepasan gula dari karbohindrat ke dalam aliran darah dan membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Di samping itu, jangan pula minum sambil makan. Lebih baik minum air lima menit sebelum atau sesudah makan. Cairan dengan makanan dapat memperlambat sistem pencernaan  yang dapat menyebabkan kembung.

Hal terpenting, jangan melewati waktu makan siang ketika jam istirahat tiba. Melewati jam makan justru membuat tubuh melepaskan cholecystokinin, atau CCK. Hormon ini adalah sinyal yang memungkinkan otak untuk memberitahu bahawa tubuh tidak lapar dan berhenti untuk makan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement