Sunday, 5 Sya'ban 1441 / 29 March 2020

Sunday, 5 Sya'ban 1441 / 29 March 2020

Pakar Kopi Bagi Tips Membuat Kopi Enak di Rumah

Senin 25 Jan 2016 07:18 WIB

Rep: C27/ Red: Indira Rezkisari

Secangkir kopi

Secangkir kopi

Foto: pixabay

REPUBLIKA.CO.ID, Kopi tidak hanya menjadi minuman penangkal kantuk semata. Di era modern ini, kopi sudah menjadi kebutuhan hidup yang sulit dilepaskan dari kebiasaan beberapa orang.

Keberadaan kopi seakan napas yang tidak bisa tergantikan. Kopi menjadi kebutuhan wajib yang perlu dipenuhi setiap harinya.

Melihat gelaja tersebut, tidak asing lagi jika banyak yang mengolah kopi sendiri di rumah atau tempat kerja. Kopi bubuk pun telah mudah ditemukan di pelbagai toko kopi hingga supermarket.

Pakar kopi Mira Yudhawati menjelaskan cara menyeduh kopi yang baik untuk diparktikan di rumah. Kebanyakan orang masih sering berpikir jika kopi harus diseduh dengan air yang mendidih agar matang sempurna.

Padahal, menurut Mira, cara tersebut salah besar. Kopi baiknya diseduh dengan suhu air mencapai 88 hingga 90 derajat celsius, bukan ketika air mendidih.

"Idealnya jangan terlalu panas. Karena kalau tidk ini akan membunuh karakter kopi itu sendiri," kata pencicip kopi profesional yang terakreditasi oleh Coffee Quality Institute (CQI), Ahad (24/1).

Cara menyajikan kopi dengan menaruh air yang baru mendidih hanya akan merusak cita rasa kopi yang sesungguhnya. Hanya akan tersisa bau dan rasa hangus ketika kopi disiram oleh air mendidih.

"Ini malah jadi pahitnya yang lebih menonjol," kata Mira.

(baca: Menikmati Kopi Khas Sawahlunto, Datuk Siloengkang Coffee)

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA