Ahad 24 Jan 2016 08:54 WIB

Ketahui 6 Bahaya Tersembunyi Ponsel

Rep: C34/ Red: Indira Rezkisari
Perempuan menelepon di ponselnya.
Foto: pixabay
Perempuan menelepon di ponselnya.

REPUBLIKA.CO.ID, Apakah Anda termasuk orang yang tak bisa lepas dari telepon seluler alias ponsel? Setelah membaca enam bahaya tersembunyi dari ponsel ini, semoga Anda dapat membatasi penggunaannya.

Menyebabkan kecelakaan berkendara

Pengumpulan data yang dilakukan Analisis Risiko Harvard Center menunjukkan lebih dari 2.600 kecelakaan terjadi akibat menggunakan ponsel saat berkendara. Menelepon dan mengangkat telepon sangat tidak dianjurkan, apalagi mengirim pesan atau ber-SMS.

Ketika seseorang menulis SMS, mata akan beralih dari jalanan sekira 4,6 detik. Itu adalah waktu yang cukup bagi sebuah mobil untuk melintasi lapangan bola. Berhentikan kendaraan Anda sejenak saat menerima panggilan telepon atau mengirim pesan singkat.

Menyebabkan kecelakaan pejalan kaki dan pesepeda

Studi yang dilakukan Ohio State University menunjukkan bahwa berjalan kaki sambil sibuk berponsel bisa berujung pada kecelakaan. Studi yang dilakukan dari tahun 2005-2010 itu memperlihatkan banyaknya kasus dari 100 IGD di seluruh Amerika.

Menelepon dan ber-SMS saat bersepeda tak kalah bahaya. Banyaknya kasus kecelakaan telah membuat Dewan Kota New York menambahkan larangan umum "dilarang mengirim pesan atau menelepon saat bersepeda" sejak 2014.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement