Kamis 21 Jan 2016 15:02 WIB

Kenali Bintik Melayang pada Penglihatan Anda

Rep: Rossi Handayani/ Red: Winda Destiana Putri
Mata
Foto: beaut.ie
Mata

REPUBLIKA.CO.ID, Sebagian dari Anda bisa jadi menemukan bentuk aneh yang terlihat pada penglihatan. Bentuk tersebut terdiri dari berbagai macam, dan umumnya masyarakat tidak mengetahui sebutannya.

Berdasarkan laman BBC, belum lama ini hal tersebut disebut dengan floater, biasanya terlihat pada pandangan Anda dengan bentuk yang mengambang. Terkadang disebut juga sebagai floater viterous atau Muscae volitantes.

Biasanya muncul dalam bentuk bintik-bintik, benang kecil, filamen atau serupa jaring laba-laba, dan ini bukan ilusi dalam optik. Floater tesebut nyata dan melayang dalam mata.

Adapun di depan mata terdapat kornea, dan di balik itu anda dapat menemukan pupil yakni pusat gelap mata, dan iris, pinggiran berwarna-warni di sekitar pupil. Antara keduanya terletak penampungan cairan yang disebut aqueous humor.

Sebuah lapisan sel peka cahaya yang melapisi bagian belakang mata Anda disebut retina. Antara lensa dan retina terletak lautan cairan disebut sebagai humor vitreous, vitreous gel, atau kadang-kadang hanya vitreous.

Menurut salah satu penelitian di Inggris, setiap dokter mata menyatakan rata-rata 14 pasien per bulan mengeluh adanya floater.

Studi lain menggunakan aplikasi smartphone untuk menilai prevalensi floaters pada populasi umum menyebutkan, dari 603 pengguna Android, sekitar 446 atau 74 persen melaporkan adanya floater. Sekitar sepertiga dari mereka mengeluh tentang efek merugikan pada penglihatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement