Wednesday, 13 Safar 1442 / 30 September 2020

Wednesday, 13 Safar 1442 / 30 September 2020

Dunia Medis Australia Keluhkan Klaim Chiropractic yang Berlebihan

Kamis 21 Jan 2016 10:02 WIB

Red: Indira Rezkisari

Pengobatan chiropractor tidak selalu dilakukan oleh dokter, berhati-hatilah agar tidak sampai merugikan diri.

Pengobatan chiropractor tidak selalu dilakukan oleh dokter, berhati-hatilah agar tidak sampai merugikan diri.

Foto: wikipedia

REPUBLIKA.CO.ID, Di Australia, klinik chiropractic seringkali mengatakan dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Tetapi klaim ini dituduh sebagai berlebihan. Kini ada 10 klinik chiropractic yang menjadi sasaran keluhan pelanggan dan akan diselidiki lebih lanjut.

Para praktisi chiropractic di Australia telah dituduh membuat klaim yang tidak masuk akal, seperti mereka dapat mencegah kelahiran caesar, mengobati diabetes, dan melawan flu. Dari situs, materi dan promo mereka terlihat menarik dengan menyebutkan perawatan chiropractic dapat membantu pasien dari penyakit asma hingga telinga.

Tapi ahli kesehatan masyarakat dari Monash University, Dr Ken Harvey mengatakan banyak ahli tulang yang telah membuat banyak orang kecewa dengan klaim yang berlebihan. "Begitu mereka mulai mengatakan mereka dapat mengobati segala macam penyakit, maka saya pikir peringatan harus dilakukan," ujar Dr Ken.

ABC telah memperoleh rincian dari 10 klinik chiropractic di seluruh Australia yang telah jadi sasaran keluhan dari konsumen, soal klaim manfaat perawatan. Seperti misalnya di situs Barham Chiropractic yang berbasis di Queensland. Ia menyarankan agar agar tua memeriksa jika bayi yang baru lahir memiliki masalah tulang belakang. Menurutnya juga, penyesuaian tulang belakang dapat membantu mengurangi kebutuhan untuk melakukan kelahiran dengan cara operasi caesar.

Laporan ini muncul setelah ada chiropractor menyelinap secara diam-diam ke sebuah rumah sakit untuk memberikan perawatan kepada seorang bayi.

"Kami percaya perawatan ini lebih ditujukan untuk memperkaya diri, dibandingkan untuk membantu ibu dan anak," tegas Dr Ken.

Sebuah klink di New South Wales, Kings William, menyarankan perawatan tulang belakang dapat membantu pasien dalam melawan pilek dan flu di musim dingin. Dr Ken menilai klaim seperti ini tidak memiliki bukti ilmiah yang baik, dan sebaliknya bisa menyebabkan lebih berbahaya.

Pekan ini, Dr Ken Harvey telah meminta Dewan Chiropractic Australia dipecat karena kegagalan mereka untuk menangani keluhan dan agar lebih menegakkan aturan soal promosi dan pemasaran.

Sementara itu, Rod Bonello dari Dewan Chiropractic Australia mengatakan jumlah 'ahli tulang' yang membuat klaim seperti ini jumlahnya sedikit, tetapi merusak reputasi.

Ia juga mengatakan kewenangan untuk memastikan pasien mendapatkan informasi yang benar adalah tergantung dari para praktisi chiropractic. "Jika mereka kurang yakin, mereka harus benar-benar memberitahu pasien bahwa tidak ada bukti soal perawatan yang akan dilakukan. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba," ujar Bonello.



sumber : http://australiaplus.com/indonesian/2016-01-21/klaim-chiropractic-bisa-sembuhkan-beragam-penyakit-dianggap-berlebihan/1538305
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA