Kamis 21 Jan 2016 07:07 WIB

Empat Kompetensi yang Perlu Dimiliki di Era Digital

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Hazliansyah
 Sejumlah siswa mengikuti masa orientasi peserta didik baru tahun ajaran 2015-2016 di SMA Negeri 9 Kota Bandung, Selasa (28/7).  (foto : Septianjar Muharam)
Sejumlah siswa mengikuti masa orientasi peserta didik baru tahun ajaran 2015-2016 di SMA Negeri 9 Kota Bandung, Selasa (28/7). (foto : Septianjar Muharam)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengungkapkan empat kompetensi yang perlu dimiliki peserta didik dalam menghadapi era digital dan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Kepala Pusat Penelitian Pendidikan (Kapuspendik), Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang), Kemendikbud, Nizam mengatakan, empat kompetensi sudah seperti mata uang yang perlu dipegang peserta didik. Empat kompetensi tersebut, yakni berpikir kritis dan menyelesaikan masalah serta kreativitas. Kemudian terdapat pula kompetensi kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama.

“Ini kita sebut kompetensi 4C (Critical Thinking an Problem Solving, Creativity, Communication Skills, Ability to Work Collaboratively),” ujar Nizam seusai Seminar Internasional tentang 21 Century Learning di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jakarta, Rabu (20/1).

Alumnus Universitas Gajah Mada (UGM) ini juga menerangkan, nilai empat kompetensi ini juga akan dikembangkan ke dalam Kurikulum 2013 (K-13). Pengembangan ini, tambah dia, diturunkan melalui silabus K-13.

Selain itu, pembangunan karakter anak bangsa memang perlu terus ditekankan di masa sekarang maupun mendatang. Penekanan karakter ini sangat penting karena diharapkan generasi bangsa tidak menjadi buih di tengah kemajuan dunia nantinya.  

Dengan kata lain, masyarakat Indonesia tidak melulu menjadi konsumen di era kemajuan teknologi dunia. Masyarakat Indonesia juga harus menjadi bagian kreator dalam dunia teknologi juga.

“Kita harus bisa menjadi pencipta pengetahuan dan pencippta teknologi,” kata Nizam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement