Rabu 20 Jan 2016 07:45 WIB

Hati-Hati, Jangan Sentuh Tanaman Beracun Ini

Rep: c34/ Red: Andi Nur Aminah
Poison ivy, salah satu tanaman beracun
Foto: Safebee
Poison ivy, salah satu tanaman beracun

REPUBLIKA.CO.ID, Jangan terkecoh dengan rupanya yang cantik. Sejumlah tanaman dan bunga indah yang mungkin Anda lihat saat sedang melakukan pendakian atau menjelajah alam bisa jadi beracun dan sebaiknya tak disentuh. Meski tanaman ini beberapa ada yang tidak tumbuh di Indonesia, tak ada salahnya jika mengetahuinya. Berikut ini jenis tanaman tersebut, seperti dilansir laman Safebee. 

 

1.  Poison Ivy

Poison ivy yang dikenal dengan sebutan jelatang di Indonesia akan menyebabkan gatal tak tertahankan dan ruam kulit selama 12 hingga 72 jam setelah tersentuh. Daun poison ivy yang tumbuh berkelompok tiga-tiga bisa berubah dari warna hijau gelap ke merah. Bagian cabang, akar, dan daunnya mengandung minyak urushiol yang menyebabkan gatal dan perih. 

Poison ivy ditemukan di seluruh daratan Amerika Serikat kecuali Alaska, Hawaii, dan sebagian Pantai Barat. Jika mulai muncul ruam di kulit setelah telanjur menyentuhnya, cuci area ruam dengan air sabun dan gunakan calamine lotion untuk mengurangi gatal. Untuk antisipasi, selalu kenakan pakaian pelindung saat melakukan jelajah alam.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement