Selasa 19 Jan 2016 06:50 WIB

HEPI akan Gelar Konferensi Internasional Penilaian Pendidikan (Bagian 2-habis)

Salah seorang pendiri HEPI Bahrul Hayat (kedua dari kanan) bersama beberapa tokoh seusai diskusi awal membahas rencana konferensi internasional penilaian pendidikan.
Foto: Dok HEPI
Salah seorang pendiri HEPI Bahrul Hayat (kedua dari kanan) bersama beberapa tokoh seusai diskusi awal membahas rencana konferensi internasional penilaian pendidikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah seorang pendiri Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI) Bahrul Hayat mengemukakan, peran HEPI dalam peningkatan mutu pendidikan antara lain: (a) meng­him­pun para ahli, praktisi, mengamat, peminat yang membina, mempela­ari dan mengembangkan evaluasi pendidikan; dan (b) mengadakan pertemuan dan penelitian ilmiah di bi­dang evaluasi pendidik­an;

Selain itu, (c) melakukan publikasi ilmiah dalam bidang evaluasi pendidikan; (d) membangun media komuni­ka­si dalam bidang eva­lua­si pendidikan; (e) melaksanakan berbagai kegiatan layanan di bidang evaluasi pendidikan; (f) menjalin hubungan kerjasama dengan organisasi dan lembaga lain; (g) meningkatkan kualitas dan kuanti­tas sumber daya dalam bidang evaluasi pendidikan.

Ketua Ikapi DKI Jakarta Afrizal Sinaro menyambut baik kiprah HEPI dan konferensi internasional bulan Mei mendatang.  “Adalah sebuah kehormatan bagi kami di dunia penerbitan apabila diberi kesempatan untuk ikut berpartisipasi di acara ini. Tentunya pemikiran para pakar pendidikan akan menjadi ‘oase’ di tengah kegersangan mengingat kondisi pendidikan kita saat ini,” tutur Afrizal.

Afrizal menambahkan, konferensi internasional mengenai penilaian pendidikan itu sangat penting untuk memajukan dunia pendidikan nasional.

“Sebagai masyarakat awam di bidang penilaian pendidikan, selama ini kami hanya tahu bahwa nilai anak harus bagus. Kami baru menyadari ternyata penilaian pendidikan adalah salah satu bentuk jaminan pelayanan yang bermutu oleh dunia pendidikan kepada masyarakat,” papar Afrizal Sinaro.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement