Monday, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 December 2019

Monday, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 December 2019

Mobil Perpustakaan Keliling akan Diinsentifkan

Senin 18 Jan 2016 22:39 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Anak-anak Rusun Jatinegara membaca buku di mobil Perpustakaan Keliling di Rusun Jatinegara, Jakarta, Senin (24/8).  (Republika/Yasin Habibi)

Anak-anak Rusun Jatinegara membaca buku di mobil Perpustakaan Keliling di Rusun Jatinegara, Jakarta, Senin (24/8). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Kepala Badan Arsip, Perpustakaan, dan Dokumentasi Daerah Kota Banjarmasin A Sulaiman menyatakan, pihaknya akan mengintensifkan pelayanan mobil perpustakaan keliling untuk menumbuhkan minat baca di masyarakat.

"Satu mobil perpustakaan keliling akan kita intensifkan oprasionalnya, sebab sejauh ini dampaknya sangat positif bagi minat baca masyarakat dengan keberadaan perpustakaan menjumpai langsung masyarakat ini," ujarnya saat berada di gedung dewan, Senin (18/1).

Dia menyatakan, selain akan kesekolah-sekolah, mobil perpustakaan keliling dari bantuan pusat pada 2010 ini juga akan mampir di mana banyak orang berkumpul, utamanya para anak muda yang menjadi sasarannya dengan tujuan menambah pengetahuan mereka dengan rajin membaca.

"Akan kita penuhi mobil perpustakaan keliling itu dengan buku-buku yang bersifat memuat kreatifitas selain pengetahuan ilmu dan pendidikan tentunya," ucapnya.

Bagi A Sulaiman, kegemaran anak muda atau masyarakat pada umumnya untuk pergi kepurpustakaan saat ini masih sangat rendah, perlu inovasi bagi pemerintah untuk menumbuhkan gemar membaca ini dengan mendatangi langsung kemasyarakat, agar waktu luang mereka ada gunanya dengan mendapat ilmu pengetahuan dengan membaca buku.

"Memang idealnya bagi mobil perpus yang kita harus miliki itu minimal 2 buah, sehingga bisa maksimal mendatangi masyarakat secara bergilir dan kontinyu," ujarnya.

Selebihnya, tutur A Sulaiman, pihaknya akan membangun perpus-perpus kecil di kelurahan-kelurahan dari bantuan pemerintah provinsi, agar masyarakat bisa membaca saat berkunjung kepemerintahan tingkat bawah Pemkot itu.

Menurut dia, untuk di tingkat kecamatan, pihaknya sudah membangun perpustakaan kecamatan di Banjarmasin Selatan, ini sebagai percontohan perpustakaan di tingkat kecamatan dan kelurahan selanjutnya di Banjarmasin.

"Kita bersyukur, tidak hanya bangunan yang disiapkan, buku-bukunya pun dibantu oleh provinsi dan bantuan pemerintah pusat," ujarnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA