Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Pentingnya Menjaga Kebutuhan Cairan Tubuh KETIKA BEROLAHRAGA

Senin 18 Jan 2016 13:00 WIB

Red: operator

REPUBLIKA.CO.ID,

APRILIA SAFITRI RAMDHANI 

Untuk menjaga kebugaran tubuh, olahraga penting dilakukan secara rutin. Namun, kita tetap harus menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Ketika kita sudah mengalami dehidrasi, apalagi dalam tingkat yang parah dengan jumlah cairan yang banyak keluar, justru bisa mengancam jiwa. 
Menurut spesialis gizi klinik Leane Suniar SpGK, saat olahraga, hal yang paling penting diingat adalah tidak melupakan minum. "Minuman yang dikonsumsi pun sebaiknya jangan hanya air putih, tetapi juga yang mengandung elektrolit atau isotonik. Minuman dengan kandungan zat tersebut sangat berguna meningkatkan cairan tubuh, lebih dari air putih," ungkap Leane, beberapa waktu lalu. 


Leane juga mengatakan, penyebab dehidrasi saat berolahraga adalah akibat keluarnya keringat dari dalam tubuh. Baik ketika berolahraga berat maupun ringan, juga saat tubuh terpapar panas sinar matahari.
"Guna menghindari dehidrasi, penting untuk mengonsumsi cairan elektrolit.
Elektrolit juga dapat mencegah kelelahan otot hingga mendukung sistem kekebalan tubuh. Kurang elektrolit dan cairan dalam tubuh bisa menyebabkan dehidrasi akut, juga keram saat berolahraga," katanya.


Leane pun menyarankan untuk tidak minum air yang terlalu manis pada pertengahan waktu melakukan olahraga. Setelah olahraga, boleh saja minum manis hanya untuk mengembalikan energi tubuh.
Sementara, ditemui di tempat terpisah, Daniel Pieter selaku head of marketingPocari Sweat menjelaskan, berdasarkan penelitian yang dilakukan, dehidrasi membuat tubuh lebih cepat lelah. Cairan tubuh memiliki arti sangat penting untuk menjaga kesehatan. Karena itu, kekurangan cairan tubuh sebisa mungkin harus dihindari. 


"Cairan tubuh kita terdiri atas air dan ion sehingga pada saat kita kehilangan cairan tubuh, artinya kita kehilangan tidak hanya air, tapi juga ion tubuh. Ion memiliki peranan penting dalam mencegah terjadinya kelelahan pada otot (
muscle fatigue)," katanya.


Minuman yang mengandung elektrolit atau isotonik memiliki tekanan cairan yang sama dengan ion atau cairan tubuh. Sehingga, sel-sel tubuh kita bisa selalu dalam keadaan seimbang dan stabil.
Pada saat seseorang mengalami dehidrasi, kata dia, akan berpengaruh terhadap seluruh kerja organ dan proses dalam tubuh kita. "Karena itu, penting untuk mencegah dehidrasi dengan mengonsumsi minuman yang tepat," kata dia. (ed:dewi mardiani)

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA