Friday, 6 Syawwal 1441 / 29 May 2020

Friday, 6 Syawwal 1441 / 29 May 2020

Astaghfirullah, Generasi Muda Islandia tak Percaya Tuhan Ciptakan Alam Semesta

Ahad 17 Jan 2016 17:38 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Joko Sadewo

Alam semesta (ilustrasi).

Alam semesta (ilustrasi).

Foto: blogspot.com

REPUBLIKA.CO.ID, REYKJAVIK -- Sebuah jajak pendapat baru di Islandia menunjukkan, tidak ada penduduk berusia di bawah 25 tahun yang percaya bahwa Tuhan menciptakan alam semesta. Jajak pendapat ini dilakukan oleh Asosiasi Humanis Etik Islandia.

Hasilnya, 93,9 persen penduduk berusia di bawah 25 tahun memercayai bahwa alam semesta terbentuk oleh Big Bang. Sebanyak enam persen menjawab tidak tahu atau lainnya. "Tidak ada satu pun responden percaya bahwa alam semesta diciptakan oleh Tuhan," katanya.

Temuan yang dipublikasikan dalam Iceland Magazine ini menambahkan bahwa generasi muda Islandia kurang religius. Sebanyak 40,5 persen mengaku ateis dan 42 persen mengaku Kristen. Sementara, kelompok penduduk berusia lebih tua dari 55 tahun terdiri atas 80,6 persen Kristiani dan hanya 11,8 persen ateis.

Meski demikian, jajak pendapat ini juga mendapat banyak kritik. Salah satu pengguna Reddit mengatakan, pertanyaan saat polling cukup menyesatkan. Pertanyaan dalam jajak pendapat itu adalah 'Bagaimana alam semesta bisa muncul?' Pilihan jawabannya, 'Alam semesta muncul karena Big Bang', 'Tuhan menciptakan alam semesta', dan 'Tidak tahu atau lainnya'.

"Banyak orang percaya bahwa Tuhan adalah yang menciptakan Big Bang," katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA