Kamis, 26 Jumadil Akhir 1441 / 20 Februari 2020

Kamis, 26 Jumadil Akhir 1441 / 20 Februari 2020

A Maulid The Gift of The Rose, Perayaan Maulid Berbalut Konser Orkestra

Kamis 14 Jan 2016 19:34 WIB

Red: Winda Destiana Putri

A Maulid The Gift of The Rose

A Maulid The Gift of The Rose

Foto: Google

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mendukung penuh penyelenggaraan Maulid Event 2016 yang dikemas dalam gelaran konser musik orkestra bertemakan A Maulid, The Gift of The Rose yang akan berlangsung di Theater Besar, Taman Ismail Marzuki (TIM) pada Sabtu, (23/1) pukul 19.00 WIB.
 
Maulid Event yang diselenggarakan untuk pertama kalinya ini dimaksudkan untuk memperkokoh karakter bangsa, khususnya dalam meningkatkan rasa toleransi dalam masyarakat sebagaimana dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW yang memiliki akhlakul karimah. 

Akhlak mulia sebagai cahaya Nabi Muhammad SAW tersebut akan digambarkan bak bunga mawar sebagai tanda cinta yang universal dilihat dari sudut pandang manapun tetap indah dan bisa diterima oleh semua kalangan, suku, bangsa dan agama.
 
Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menyambut baik kegiatan yang merupakan pertama kali dibuat di Indonesia dengan menampilkan kolaborasi antara 50 piece orchestra, 30 choir, artis, musisi, tokoh masyarakat, media, dan promotor musik dalam sebuah event.

"Maulid event 2016 ini selain mempunyai misi khusus dalam memupuk rasa toleransi masyarakat, juga menjadi bagian daya tarik pariwisata nasional berupa tampilan kesenian musik orkestra dan narasi bernafaskan Islam," kata Menpar Arief Kamis (14/1).
 
Menpar Arief juga menjelaskan,aneka ragam kesenian bernafaskan Islam yang ada di Tanah Air menjadi modal utama bagi Indonesia dalam mengembangkan halal tourism atau friendly tourism yang belakangan ini berkembang pesat di seluruh dunia  dan menjadi ladang bisnis menarik banyak negara di antaranya Korea Selatan, Jepang, Thailand yang notabene mayoritas penduduknya adalah non-Islam.

"Indonesia mempunyai peluang besar dalam menggarap halal tourism. Popularitas Indonesia sebagai destinasi halal tourism kelas dunia telah diakui oleh masyarakat internasional atas prestasi dengan mendapat tiga penghargaan dalam ajang World Halal Travel Awards 2015 di Dubai, Uni Emirat Arab, belum lama ini," tambah dia.
 
Dalam pegelaran A Maulid, The Gift of The Rose akan tampil deretan artis ternama Ibu kota antara lain; Irwansyah, Zaskia Sungkar, Titi Kamal, Opick, Haddad Alwi, Syifa, Debu, Maxi Bahajjaj dan Sholeh Al Habsyi. Untuk pembacaan narasi kisah Nabi Muhammad akan dibawakan para tokoh ternama antara lain; Ary Ginanjar, Prof. Nasarudin Umar, Kang Rashied, Kang Abik, Yusuf Mansur, Dik Doang, Neno Warisman dan Umar Lubis.
 
"Untuk pembaca narasi sudah disiapkan orang-orang yang memiliki cinta dengan Nabi Muhammad S.A.W, karena pembacaan ini harus bisa diserap oleh pengunjung yang datang agar berkesan dan bermanfaat," kata Mustafa, konseptor Maulid Event yang dikenal sebagai penembang lagu Macan Hutan.
 
Mustafa menceritakan ide awal dari lahirnya Maulid Event ini dirinya bertemu dengan seorang guru besar, Habib Ali Zainal Abidin Alhaddad, beliau mendidik pemain orkestra biolin Arab.

"Beliau seperti menitip pesan kepada saya untuk menampilkan orkestra ini kedalam maulid, makanya event ini kita buat dengan kombinasi orkestra," sambungnya.

Menurut Mustafa, penyelenggaraan A Maulid The Gift of The Rose bukan hanya sebuah konser yang dikemas rapih dan indah yang ditujukan untuk perbaikan karakter masyarakat, tetapi juga mempersiapkan pra-event berupa bazaar multiproduct.

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA