Thursday, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 January 2020

Thursday, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 January 2020

Bek Bayern Kritik Penghargaan Ballon d'Or

Kamis 14 Jan 2016 08:03 WIB

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: M Akbar

Philipp Lahm

Philipp Lahm

Foto: AP Photo/Gabriel Pecot

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN -- Bek Bayern Muenchen Philipp Lahm mengkritik penghargaan Ballon d'Or. Ia menyebut penghargaan ini telah menjadi ajang hadiah pemasaran saja.

Mantan kapten tim nasional Jerman itu menyebut, penghargaan untuk pesepakbola terbaik itu lebih mengistimewakan pemain yang lebih populer ketimbang pemain yang lebih layak.

Bintang Barcelona meraih penghargaan tersebut untuk kali kelima pada Senin (11/1) lalu. Ia bersama rivalnya dari Real Madrid, Cristiano Ronaldo menguasai Ballon d'Or dalam delapan tahun terakhir.

"Saya pikir jika FIFA ingin memberikan penghargaan, itu tidak boleh menjadi hadiah marketing yang hanya menghargai individu paling selebritis di dunia sepakbola," ujar Lahm seperti dikutip AS, Rabu (13/1).

Lahm juga mengkritisi pagelaran Ballon d'Or sebagai penghargaan untuk penyerang terbaik. Pendapat Lahm bukan tanpa alasan. Sejak 2000, penerima penghargaan Ballon d'Or adalah penyerang atau gelandang serang. Satu-satunya pengecualian yakni untuk bek tengah dan kapten ketika tim nasional Italia meraih juara Piala Dunia 2006 Fabio Cannavaro.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA