Senin 11 Jan 2016 13:36 WIB

Gunakan Shampo Khusus untuk Basmi Kutu

Rep: Desy Susilawati/ Red: Andi Nur Aminah
Kutu telah membangun kekebalan selama beberapa waktu terakhir, membuatnya tak lagi mempan dengan pengobatan standar.
Foto: ist
Kutu telah membangun kekebalan selama beberapa waktu terakhir, membuatnya tak lagi mempan dengan pengobatan standar.

REPUBLIKA.CO.ID, Untuk membasmi kutu, Anda harus membersihkan rambut sampai ke akarnya. Caranya dengan menggunakan shampo khusus pembasmi kutu rambut. 

Seperti dilansir dari laman Safebee, belum lama ini, Anda harus membersihkan hama dengan benar hingga keluar dari rambut. Pengobatan pertama harus menggunakan shampo obat yang berisi satu persen permethrin, yang disarankan American Academy of Pediatrics (AAP).

“Permethrin adalah bentuk sintesis pyrethrin, yang berasal dari bunga chrysanthemum,” jelas James Cuthbertson, Berkeley Pediatrics 2013. “Ini adalah neurotoxin untuk kutu, itu racun untuk sistem saraf mereka tapi tidak menyakiti manusia," ujarnya.

Sebelum pemakaian, baca terlebih dahulu petunjuk pemakaian shampo khusus tersebut. Kebanyakan shampo kutu dirancang untuk dibiarkan pada rambut  setidaknya 10 menit. Namun berbeda kekuatan atau bentuk, bisa juga berbeda prosedur pemakaiannya.

(Baca Juga: Tips Menyingkirkan Kutu Rambut pada Anak).

Menggunakan shampo terlalu banyak atau terlalu sering juga dapat berbahaya. Di sisi lain, menggunakan terlalu sedikit shampo mungkin tidak menyingkirkan kutu.

Selain itu beberapa shampo kutu tidak aman bagi anak-anak, dan tidak ada pengobatan aman untuk bayi di bawah dua bulan. Setelah Anda sudah menggunakan shampo dan membilasnya, sisir rambut anak Anda dengan benar-benar bahkan sampai kulit kepalanya dengan sisir yang tepat. Sehingga kutu keluar dari sarangnya.

Gunakan sisir khusus untuk kutu atau telur kutu. Mulai dari akar rambut dan tarik sisir di seluruh bagian kepala. Bilas sisir dalam segelas air dan keringkan dengan sebuah handuk. Hal ini tentu saja akan memakan waktu. Mungkin Anda bisa melakukannya sambil menonton film.

Untuk sementara, tunda dulu penggunaan shampo biasa. Jika Anda berencana untuk menggunakan pengobatan kutu, jangan cuci atau memberikan kondisioner pada rambut sebelumnya. Menurut American Academy of Dermatology (AAD), Anda harus menunggu setidaknya dua hari setelah pengobatan untuk menggunakan produk rambut biasa.

Selama melakukan pengobatan, tetaplah menyisir rambut. Gunakan sisir kutu setiap hari selama dua atau tiga minggu. AAD mengatakan kutu jahat yang sudah terbuag bisa saja kembali lagi.

(Baca Juga: Sulit Atasi Kutu pada Anak? Ini Cara Ampuhnya).

Untuk itu, lakukan pengobatan lanjutan. Kebanyakan shampo kutu membutuhkan aplikasi kedua yaitu tujuh sampai sembilan hari setelah aplikasi pertama. Hal ini untuk mencegah kutu dan telurnya yang tidak kena oleh sisir muncul lagi.

Di beberapa daerah, kutu ada yang tidak mempan dengan shampo kutu. Jika kutu masih hidup delapan sampai 10 jam setelah perawatan di rumah, pergilah ke dokter Anda untuk mencari resep obat kutu atau hubungi seorang profesional pembasmi kutu. Beberapa petugas bahkan bisa dipanggil ke rumah. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement