Saturday, 19 Rabiul Awwal 1441 / 16 November 2019

Saturday, 19 Rabiul Awwal 1441 / 16 November 2019

Jeje, Mahasiswa Politik yang Berprestasi di Air

Ahad 10 Jan 2016 15:49 WIB

Red: Winda Destiana Putri

Universitas Sumatera Utara

Universitas Sumatera Utara

REPUBLIKA.CO.ID, Berenang adalah suatu kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian besar orang, begitu juga dengan Januasri Grace Sidabutar dengan panggilan akrab Jeje yang saat ini sedang mengemban pendidikan di Universitas Sumatera Utara (USU) jurusan ilmu politik.

Gadis kelahiran Porsea ini memiliki ketertarikan dalam bidang renang sejak kecil. Berawal dari cerita lampau ketika abangnya sendiri yang takut berenang akhirnya melakukan terapi renang di suatu kolam, oleh karena rasa penasaran Jeje yang saat itu masih berumur 4 tahun terjun ke air kolam kedalaman 1 meter dan mencoba untuk berenang.

Ternyata berenang bukanlah hal yang mudah bagi usia dini apalagi belum pernah belajar sebelumnya, tetapi Jeje mencoba mengayuhkan kakinya hingga sampai pada tepian kolam tanpa bantuan sang abang dan sejak itulah dia memiliki ketertarikan dalam dunia renang.

Seseorang melihat dan tertarik dengan bakat luar biasa yang dimiliki Jeje bisa menguasai 5 gaya dalam 1 bulan dan mengajaknya ikut dalam pertandingan renang.

Pertandingan pertama sekali di ikuti yaitu pertandingan renang open water 10 km di Danau Toba awal tahun 2007 dan mendapat juara lima.

Dalam pertandingan berikutnya rasa takut dan bangga muncul saat Jeje berada di antara 570 peserta renang di pantai Turki. Ini pengalaman pertamanya dalam bagian kejuaraan open water sepuluh kilometer di luar negeri.

Ia lihat kiri kanan, peserta dari berbagai negara tampak mantap. Nyalinya sempat ciut, ia jadi peserta termuda dengan usia 13 tahun.

Akhirnya Jeje finish di posisi empat dalam kejuaraan yang di selenggarakan oleh Federation Internationale de Natation (FINA) tahun 2007. Selain itu masih banyak lagi prestasi yang sudah dimenangkan Jeje mulai dari pertandingan ranah nasional hingga internasional.

Sungguh sebagai suatu kebanggaan bagi bangsa Indonesia, ketika sang juara Jeje mendulang kemenangan.

Prestasi yang pernah di raih Jeje yaitu:

1. Atlet Pra Sea Games Open Water Swimming

2. Tim Polo Air PON Sumut.

3. Juara 1 gaya bebas 50, 100, 200 meter POPDASU

4. Juara 2 gaya bebas 1500 m KRAPSUMATERA

5. Juara 3 gaya bebas 50 m o2sn

6. Juara 2 Piala Kementrian Pemuda dan Olahraga RI jarak 5 km

7. Juara 2 Open Water Swimming jarak 10 km.

"Ya saya senang berada dalam dunia ini sekarang, saya bangga memenangkan perlombaan yang pernah saya ikuti dan tetap bersyukur dalam keadaan apapun," ujar Jeje si putri batak dalam keterangan resmi yang diterima Republika.co.id.

prestasi di tangannya tetapi dia merendahkan hati seperti peribahasa yang mengatakan padi semakin berisi semakin merunduk hal inilah yang membuat Jeje disenangi teman-temannya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA