Sabtu 09 Jan 2016 13:00 WIB

Kemenhub Efisiensi Anggaran Rp 3 T

Red: operator

REPUBLIKA.CO.ID,Kemenhub Efisiensi Anggaran Rp 3 T

JAKARTA --Kementerian Perhubungan (Kemenhub)

mengklaim, berhasil melakukan efisiensi anggaran 2015 mencapai Rp 3 triliun. Sampai akhir tahun lalu, realisasi penyerapan anggaran Kemenhub hanya 72 persen dari total anggaran sebesar Rp 65 triliun. 

\"Penyerapan tidak mencapai di atas 80 persen karena ada penghematan atau efisiensi penggunaan anggaran sebesar Rp 3 triliun atau sekitar lima persen,\" kata Menhub Ignasius Jonan, Jumat (8/1).

Jonan melanjutkan, realisasi tidak mencapai target lantaran ada kesulitan lahan, ketidaksiapan data pendukung, pengurusan pinjaman luar negeri, dan asas kemanfaatan tidak jelas dengan total anggaran Rp 15 triliun.

Kendati demikian, kata Jonan, hal yang patut diapresiasi adalah upaya penghematan sebesar Rp 3 triliun dari total belanja selama 2015 yang mencapai Rp 47 triliun. Jika tidak ada penghematan maka total belanja atau penyerapan anggaran dapat mencapai Rp 50 triliun atau sekitar 77 persen. 

\"Ini adalah partisipasi sungguh-sungguh dalam melakukan penghematan di tengah tidak tercapainya target penerimaan pajak,\" kata Jonan. (dyah ratna meta novia, ed: eh ismail)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement