Jumat 08 Jan 2016 13:00 WIB

Musik dan Lirik Yura Yunita

Red: operator

REPUBLIKA.CO.ID,Musik dan Lirik Yura Yunita

Musik membuatnya tampil sangat percaya diri.

Glenn Fredly tiba-tiba saja teringat. Ada se buah lagu yang sempat dicipta kannya tujuh tahun lalu, tetapi belum pernah dinyanyikan.

Tiba-tiba juga Glenn pun merasa cocok jika lagu tersebut dinyanyikan berdua dengan penyanyi pendatang baru, Yura Yunita.

 
Tak lama setelah itu, akhirnya Glenn memutuskan untuk berduet dengan perempuan bernama asli Yunita Rachman itu menya nyikan lagu \"Cinta dan Rahasia\" sebagai bonus lagu di album baru pertamanya. 

Bahkan, musikus asal Ambon itu yang sekaligus menjadi produser ekse kutifnya.

 
Prediksi Glenn tampak nya tak meleset. Bersama Yura, lagu ter sebut benar-benar terasa cocok. Hing ga akhirnya, kita pun mengenal lebih de kat sosok Yura. \"Jadi bonus, tapi ak hirnya malah jadi hits bangetlagu nya,\" tutur Yura.

Lagu duet bersama Glenn memang bergenre pop, tapi jangan sangka Yura hanya berkutat di seputar genre terse but. Coba dengarkan keseluruhan lagu di album pertamanya bertajuk Yura (2014). Setelah itu, barulah kita bisa tahu selera musik sesungguhnya pe rem puan kelahiran Bandung, 24 tahun lalu itu. \"Kalau sudah dengar satu album aku, pasti nanti tahu ada warna ber beda di karya aku. 

Nggakhanya pop, tapi ada jazz dan blues juga,\" kata Yura.

Album pertamanya itu memang bernuansa pop, jazz, dan blues. Total sembilan lagu yang dinyanyikan Yura memang beragam dengan genre ter sebut. Menariknya, dari kesembilan lagu tersebut, hampir semua lirik lagu diciptakannya sendiri.

Kepiawaian Yura dalam membuat lirik lagu memang bukan hal baru. Tak heran jika album pertamanya itu banyak campur tangannya juga.

Meski baru muncul pada 2014, mojang Ban dung itu sudah sejak kecil dekat dengan musik. \"Mulai terjun ke dunia musik sejak dari SMP dan SMA, aku sudah nulis-nulislagu,\" 

ungkap Yura.

Sebagai mojang Bandung, boleh dibilang Yura ingin mengungkap rasa cinta pada kota kelahirannya itu. Caranya, alumnus Fakultas Komu nikasi Universitas Padjadjaran itu mem - buat kejutan menarik dalam al bumnya dengan menuliskan lirik lagu berbahasa Sunda berjudul \"Kataji\". Yura benar-benar memperlihatkan kualitas musiknya yang matang menge mas lagu tersebut tampil berbeda.

\"Aku mengerjakan lagu `Kataji\' benar-benar nggaksendiri. 

Ada Glenn, Ari Aru, dan Ambu Ida Wida wati juga yang bantu,\" tutur Yura. Al ha sil, lagu yang berarti \"terpesona\" itu meski berbahasa Sunda, tetapi sangat kentara bernuansa Broad - way, jazz, dan lebih modern.

Selain itu, Yura juga tak terlihat sebagai penyanyi muda baru yang mendompleng nama besar Glenn Fredly untuk mendongkrak albumnya. Ia bisa membuktikan kualitas vokalnya me - mang pantas dan mempunyai gaya musik tersendiri.

Yura pun menyadari industri musik dalam negeri saat ini semakin menarik lantaran banyak penyanyi yang bisa dengan bebas mem perlihatkan idealisme bermusiknya. Akhirnya, genre musik sekarang, menurut Yura, semakin beragam. 

Kendati begitu, Yura memastikan akan tetap konsisten dengan idealisme bermusiknya sesuai hati tidak berda sarkan kemauan pasar. \"Kalau meng ikuti pasar nggakada idealisme dan kayaknya nggakpunya jati diri. Tapi, aku juga selalu sesuaikan dengan lingkungan,\" tutur Yura.

(c32, ed: endah hapsari)

SIAP-SIAP ALBUM KEDUA

Yura Yunita Musik membuatnya tampil sangat percaya diri.

Yura Yunita lahir dari keluarga yang mencintai musik. Maka, tidak aneh jika Yura merasa bila berurusan dengan musik, ia bisa merasa sangat percaya diri. Sang ayah pun menjadi sosok yang sangat berpengaruh terhadap diri Yura hingga bisa mengenal musik hingga sekarang ini.

Yura mengungkapkan, ayahnya memang pintar bernyanyi dan bermain gitar sehingga ia sudah terbiasa sejak kecil. Kepandaian itu pun menurun pada Yura yang juga pandai bermain alat musik, salah satunya piano. Inilah yang bisa menambahkan kepekaannya dengan musik. \"Aku memang sudah suka main piano dari kecil, alhamdulillah juga sudah dikasih warna suara seperti ini,\"

kata Yura.

Memasuki belantika musik pada era sekarang juga membuat Yura bersyukur.

Ini karena dia merasa musik Indonesia sudah semakin kreatif, terutama mengenai kemudahan berkarya. \"Anak muda sekarang semakin banyak berkarya. Banyak ruang juga untuk mempresentasikan, terutama melalui sosial media,\" ungkap Yura.

Perempuan yang juga mempunyai akun sendiri di Youtubeitu mengaku kini tidak hanya penyanyi yang berada di label musik yang bisa berkarya. Penyanyi independen yang menggunakan media sosial sebagai wadah menunjukkan karyanya juga bisa semakin lebih mudah untuk maju.

Ingin terus berkarya, Yura sudah punya rencana agar bisa terus eksis di belantika musik Indonesia. Ia mengaku saat ini masih dalam proses mengumpulkan materi untuk merilis album keduanya. Hanya, sebelum ia mengeluarkan album terbarunya nanti, ia juga akan merilis satu singlebaru.

\"Mudah-mudahan Januari ada singleya yang juga akan ada di album keduaku,\"

kata Yura. 

Bagaimana konsep album terbarunya? Yura memilih untuk merahasiakannya. (c32, ed: endah hapsari)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement