Kamis 07 Jan 2016 08:19 WIB

Waspada, Anak Konsumsi Gula Seberat Badan Mereka dalam Setahun

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Makanan manis harus dibatasi dalam pola makan anak sehari-hari.
Foto: wikimedia
Makanan manis harus dibatasi dalam pola makan anak sehari-hari.

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak ragam makanan lezat, manis dan menarik yang menjadi favorit anak-anak. Sayangnya, sebagian besar makanan atau minuman yang dikonsumsi anak-anak justru mengandung cukup banyak gula. Akibatnya, peneliti menemukan bahwa anak-anak mengkonsumsi gula yang setara dengan berat anak-anak pada umumnya dalam satu tahun.

Hal ini dikemukakan oleh Badan Kesehatan Masyarakat Inggris beberapa waktu lalu. Mereka mengatakan bahwa anak-anak berusia di kisaran empat hingga 10 tahun mengonsumsi gula sebanyak 22 kilogram per tahun. Berat tersebut setara dengan berat badan rata-rata anak berusia lima tahun.

Terlalu banyak konsumsi gula juga dapat meningkatkan risiko gigi keropos. Selain itu, terlalu banyak mengkonsumsi gula dapat menyebabkan obesitas pada anak yang berujung pada meningkatnya pula berbagai isu kesehatan lain pada anak di masa mendatang.

Pada 2013 misalnya, hampir sepertiga dari anak berusia 5 tahun dan hampir setengah dari anak berusia 8 tahun mengalami gigi keropos akibat makanan manis. Sedangkan seperlima dari anak berusia 4-5 tahun dan sepertiga anak berusia 10-11 tahun juga mengalami kelebihan berat badan dan obesita.

Alison Tedstone dari Badan Kesehatan Masyarakat Inggris mengatakan anak-anak yang berusia hingga lima tahun seharusnya tidak mengonsumsi lebih dari 19 gram gula per hari. Sayangnya, orang tua tak jarang kurang memahami kandungan gula dalam berbagai makanan favorit anak-anak yang dijual di berbagai toko.

"Anak-anak memakan terlalu banyak gula, lebih dari tiga kali dari jumlah yang direkomendasikan. Hal ini menyebabkan berbagai permasalahan nyata," terang Tedstone.

Oleh karena itu, Tedstone mendorong agar orang tua bergerak aktif untuk memilih makanan dan minuman yang baik untuk dikonsumsi anak dan menghindari makanan dan yang tidak baik untuk anak. Selain itu, orang tua juga dapat berperan aktif mengawasi asupan gula pada anak yang saat ini cukup memprihatinkan, salah satunya dengan cara memanfaatkan berbagai aplikasi ponsel pintar, dikutup dari News.sky.com.

(baca: Harus Diet Gula? Ini Panduan Memilih Buah)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement