Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Kohlrabi, Makanan Super Tahun Ini yang Perlu Anda Tahu

Kamis 07 Jan 2016 07:37 WIB

Rep: C23/ Red: Indira Rezkisari

Kohlrabi

Kohlrabi

Foto: pixabay

REPUBLIKA.CO.ID, Kohlrabi adalah sayuran yang lezat dan penuh kandungan gizi. Namun belum banyak orang yang mengetahui tentang manfaat sayuran yang termasuk dalam kelurga kubis-kubisan ini.

Dilansir Fox News, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang kohlrabi, sayuran yang disebut sebagai makana super tahun ini.

Musim sayuran ini adalah pada musim gugur dan musim dingin. Ketika mentah, rasa kohlrabi agak pedas. Rasanya seperti campuran antara batang brokoli dan lobak. Ketika dimasak, kohlrabi terasa agak manis. Anda dapat memotongnya menjadi bentuk kubus, lalu menumisnya.

Anda akan melihat warna putih, hijau pucat, dan ungu pada sayuran ini. Di dalamnya, sayuran ini memiliki warna lainnya, yakni putih krem.

Daun kohlrabi memiliki kandungan zat besi. Anda dapat menggunakan daun kohlrabi untuk membuat salad atau masakan tumis. Kohlrabi juga merupakan sumber serat, vitamin C, vitamin B6, dan potasium. Secangkir mentah kohlrabi hanya mengandung 36 kalori.

Ketika ingin membeli kohlrabi, pilih kohlrabi berukuran kecil, segar, dan bebas retak atau cacat. Bila telah mendapatkan kohlrabi segar, simpan mereka di lemari es atau laci rak. Hal itu akan membuatnya tetap segar selama lima hari berikutnya. Sebelum diolah, ada baiknya kupas bagia luar kohlrabi yang keras dengan alat pengupas sayuran.

Apa yang bisa Anda buat dengan kohlrabi? Coba iris tipis, baringkan di atas piring, percikkan dengan minyak zaitun dan taburi dengan garam dan lada hitam untuk makanan pembuka atau salad.

Atau tambahkan irisan tipis dengan apel dan ciprati dengan saus lemon mostar, untuk membuatnya menjadi salad di cuaca dingin. Pilihan lain potong kohlrabi mentah menjadi bentuk batang dan tambahkan ke piring untuk dicelupkan ke saus.

Bisa juga memotong kohlrabi menjadi bentuk dadu, lalu campur dengan minyak zaitun, sejumput sirup maple, garam, merica, kemudian panggang.

Masukkan kohlrabi ke dalam resep salad favorit Anda. Atau ambil campuran salad dari kubis, kemudian aduk, lalu goreng dengan jahe, bawang putih, dan kecap. Bahan tersebut akan membuat sebuah hidangan lezat.

(baca juga: 5 Makanan yang Harus Dihindari Saat ke Supermarket)

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA