Rabu 06 Jan 2016 15:00 WIB

Debut Turan dan Vidal

Red:

BARCELONA — Derby Catalan antara Barcelona melawan Espanyol akan kembali tersaji tengah pekan ini. Kedua tim akan bentrok pada babak 16 besar Copa Del Rey di Camp Nou pada Kamis (7/1) dini hari WIB nanti.

Derby Catalan jilid dua ini hanya berselang lima hari setelah pertemuan pertama mereka pada ajang La Liga. Akhir pekan lalu, Espanyol berhasil membuat Los Azulgrana frustrasi di Stadion Cornella El Prat. Pada dua kali 45 menit pertandingan, tim besutan Entrenador Constantin Galca itu sukses membuat Barcelona harus menerima hasil imbang tanpa gol.

Berkaca dari laga perdana tersebut, Barcelona harus bisa memainkan strategi lain agar pemain-pemain depan mereka tak lagi gagal membobol gawang klub berjuluk Periquitos itu. Secara permainan, seperti biasa Barcelona sudah sukses menguasai bola 67 persen berbanding 33 persen.

Pelatih Barca Luis Enrique pun sadar bahwa mereka harus belajar dari laga pada Cornella El Prat. Di depan publikanya sendiri, Enrique berjanji akan membuat hasil berbeda yang akan membuka peluang Barca lolos dengan mudah ke perempat final nanti. Enrique mengatakan, Barca akan tampil seperti biasa, yaitu permainan dengan intensitas tinggi.

Tapi, ia akan mencari akal agar trio Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar Jr bisa tampil efektif dan tidak membuang-buang peluang. Harapan Enrique ini akan ditujukan kepada dua sosok pemain baru yang sudah dapat melakukan debut dengan kostum merah biru Barcelona. Mereka adalah bek sayap Aleix Vidal dan gelandang Arda Turan. Dua pemain ini diharapkan publik Nou Camp agar menambah kreativitas Barca dalam menggempur pertahanan Espanyol.

Vidal dan Turan dibeli Barca dari Sevilla dan Atletico Madrid sejak musim panas 2015 lalu. Karena harus menjalani skorsing terkait kebijakan transfer, Barca harus bersabar untuk dapat menurunkan Vidal dan Turan pada awal 2016 ini.

"Saya senang bahwa mereka hampir siap untuk membuat debut mereka. Mereka akan menambahkan sesuatu untuk tim yang kami butuhkan," ujar Enrique, seperti dilansir ESPNFC, Selasa (5/1).

Pada laga debut nanti, Vidal akan menggunakan nomor punggung 22 yang sebelumnya jadi milik Dani Alves. Sedangkan, Turan yang merupakan eks pemain Atletico Madrid akan mengenakan nomor punggung tujuh yang sebelumnya dikenakan oleh Pedro Rodriguez.

Walau Copa Del Rey adalah kompetisi tertinggi kedua di daratan Spanyol, pada babak perdelapan final ini Barcelona diprediksi akan menurunkan skuat terbaiknya. Selain, Vidal dan Turan, Andres Iniesta juga akan ditampilkan sejak menit pertama. 

Selain demi memetik kemenangan, keputusan menurunkan sejumlah pemain inti adalah demi mempercepat masa adaptasi Turan dan Vidal ke tim utama.

Di sisi lain, Espanyol juga bertekad tampil gigih melawan rival sekotanya itu. Constantin Galca berharap di marks Barcelona klubnya mampu setidaknya menahan imbang tim lawan seperti yang dilakukan akhir pekan kemarin.

Tapi, Galca harus menyiapkan strategi tambahan supaya tujuan mereka bisa menyingkirkan Barcelona bisa teracapai. Apalagi, Camp Nou tidak ramah di lawatan terakhir Espanyol di penghujung 2014 lalu, yang mana Espanyol ambruk dengan skor 1-5.n ed: abdullah sammy

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement