Rabu 06 Jan 2016 15:00 WIB

Custom Barangmu Sesuai Keinginan

Red:

Berbelanja barang custom selalu memberi kepuasan tersendiri. Apabila biasanya kita memilih barang dari berbagai desain yang telah disiapkan penjual, dengan custom, kita bisa memilih sendiri seperti apa desain yang kita inginkan.

Dengan memilih desain sendiri, barang yang kita miliki juga menjadi tak pasaran. Maklum saja, barang yang kita pesan, hanya dibuat untuk kita sendiri.

Salah satu produk yang bisa dibuat secara custom adalah bantal. Saat ini, berbagai model bantal hias mulai marak ditawarkan. Penjualnya pun bisa ditemui, baik secara offline maupun online.

Kelebihan bantal kostum tentunya bisa memberikan model dan bentuk sesuai keinginan konsumen. Fatma, salah seorang owner Custom Bantal mengatakan, aneka barang custom kini memang kian diminati.

Custom Bantal menawarkan aneka motif dan gambar sesuai pesanan. "Konsumen benar-benar besar memilih ingin desain seperti apa. Termasuk meng-custom wajah konsumen pada bantal," kata Fatma, ketika ditemui di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta.

Setiap jenis bantal, biasanya mempunyai karakteristik tersendiri. Sarung bantal juga dapat memengaruhi fungsi bantal, baik itu sablon maupun printing.

Menurut Fatma, selain faktor kenyamanan, bantal custom tentunya dapat semakin menambah keindahan ruangan. Pemilihan bantal dan sarung yang tepat akan menjadi aksen tersendiri bagi pemakainya.

Konsumen juga akan lebih senang memiliki barang sesuai yang dibayangkan. Custom Bantal didesain cenderung tidak terlalu mencolok atau ramai.

Custom Bantal lebih diminati karena menyangkut identitas pribadi masing-masih konsumennya. Selain bisa dipakai untuk mempercantik sofa atau kasur, bantal custom memang cocok dibawa ke manapun pergi.

Proses pembuatan bantal membutuhkan sekitar tujuh sampai 14 hari setelah pemesanan. Saat ini, costum bantal milik Fatma menyediakan bermacam-macam motif, mulai dari bernuansa travel, wajah konsumen, sampai minimalis.

 

Semakin menarik desainnya, kian banyak pula peminatnya. Jenis sarung bantal yang dapat menjadi pilihan, yaitu sablon sarung bantal dan print. "Saat ini lebih fokus ke motif travel, seperti London dan kota-kota di luar negeri karena banyak yang suka," tambah Fatma.

Anggaran yang perlu dikeluarkan untuk mendapatkan bantal custom juga tidak terlalu banyak. Setiap produk dibanderol mulai dari Rp 125 sampai Rp 200 ribu. Harga yang cukup terjangkau dengan kualitas yang istimewa.

Merek lokal lain yang mengusung barang custom adalah Giggles. Merek ini menawarkan mukena custom berbahan rayon dan katun. Tak hanya mukena, Giggles juga masih memiliki banyak perlengkapan lain yang juga bisa dipesan custom.

"Tas mukena, sajadah, sarung bantal, sampai tatakan gelas soal motif, semuanya bisa dipilih untuk di-custom konsumen," ujar salah staf Giggles, Kia Zakia.

Untuk mukena, Giggles menawarkan aneka motif dan yang menjadi produk andalannya adalah yang bernuansa vintage. Giggles menyasar kalangan usia tua maupun muda dengan menawarkan harga relatif terjangkau mulai dari Rp 45 ribu sampai Rp 325 ribuan.

Peluang pasar B2B

Belanja barang secara custom tak hanya sering dilakukan para konsumen personal tapi juga korporat. Pada segmen B2B atau business to business, barang custom juga bisa dipesan sebagai merchandise acara, seperti launching produk atau pesta ulang tahun.

Salah satu marketplace yang menyasar pasar B2B adalah Rumah Custom. Mulai hadir sejak Mei 2015, Rumah Custom banyak menerima pesanan dari perusahaan yang memerlukan berbagai jenis suvenir.

Ada berbagai produk yang bisa di-custom sesuai keinginan. Mulai dari, tumblr, kaos, topi, USB card, bantal, sarung handphone, mug, hingga tas kosmetik.

CEO Rumah Custom Wusda Hetsa Ribawa menjelaskan, selama ini dua produk yang paling populer dipesan oleh konsumen adalah tumblr dan USB card. Meski lebih banyak pesanan dari perusahaan, pembeli pribadi juga tak sedikit yang berbelanja di Rumah Custom.

Menurut Wusda, Rumah Custom yang ia bangun memiliki konsep yang berbeda dari beberapa marketplace lainnya. "Kami mengusung konsep online design studio yang memungkinkan konsumen membuat simulasi desainnya sendiri," ia menjelaskan.

Ketika ingin membuat desain custom di suatu produk tertentu, konsumen bisa memilih gambar seperti apa yang diinginkan. Setelah itu, kita bisa menentukan sebesar apa gambar akan diaplikasikan ke dalam baranng yang di pesan.

Untuk bisa memesan berbagai barang custom di Rumah Custom, ada berbagai variasi harga, semuanya tergantung desain atau ukuran barang yang kita inginkan. Untuk custom kartu e-money, konsumen bisa membayar dengan harga Rp 56 ribu.

Sedangkan, untuk tumblr, konsumen cukup membayar Rp 35 ribu saja. Berbagai mug untuk teman minum kopi, bisa kita desain sesuka hati dengan harga Rp 19.600 saja.

Sepanjang bulan Januari, Rumah Custom memiliki promo diskon 30 persen untuk setiap pemesanan. Karena, menggunakan desain yang personal, barang-barang yang di-custom memerlukan waktu pembuatan sekitar empat hingga enam hari setelah konsumen melakukan konfirmasi pembayaran. N ed: setyanavidita livikacansera

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement