Tuesday, 16 Rabiul Akhir 1442 / 01 December 2020

Tuesday, 16 Rabiul Akhir 1442 / 01 December 2020

Museum Pertama di Tempat Kumuh ada di India

Rabu 06 Jan 2016 14:33 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Teguh Firmansyah

Rubina Ali bermain di depan rumah gubuknya yang kumuh di Mumbai, ilustrasi

Rubina Ali bermain di depan rumah gubuknya yang kumuh di Mumbai, ilustrasi

Foto: Wordpress

REPUBLIKA.CO.ID, MUMBAI -- Sebuah Museum akan dibuka di lingkungan kumuh Mumbai pada Februari mendatang. Museum ini akan menampilkan produk kreatif dari daerah yang terkenal karena film Slumdog Millionaire ini.

Museum akan menjadi pertama di dunia yang dibangun di daerah kumuh. Museum ini tepatnya berada di Dharavi, salah satu daerah kumuh terbesar di Asia yang juga latar tempat film Danny Boyle tahun 2008.

Museum ini akan memamerkan sejumlah benda hasil produksi setiap tahunnya. "Ini akan menjadi museum pertama dan satu-satunya museum yang dibuat di daerah kumuh," kata seniman Spanyol Jorge Rubio yang juga menginisiasi pembangunan museum seperti dikutip Guardian.

Museum kecil ini akan dibuka mulai Februari selama dua bulan dan memamerkan segala macam produk kreatif, termasuk tembikar dan tekstil hasil daur ulang.

Penyelenggara Design Museum Dharavi mengatakan, mereka ingin menantang persepsi orang tentang daerah kumuh dan orang-orang kreatif di dalamnya. Lebih dari satu juta orang tinggal di Dharavi.

Sebagian besar dari mereka bekerja di pabrik-pabrik kecil lokal. Menyusul keberhasilan Slumdog Millionaire, Dharavi menjadi daya tarik wisata hingga banyak tawaran pariwisata ke sana.

Pada 2010, Pangeran Charles mengutip Dharavi sebagai contoh penting hidup berkelanjutan. Ia memuji kebiasaan mereka mendaur ulang. Lebih dari setengah penduduk Mumbai yang sejumlah 20 juta orang tinggal di daerah kumuh, sempit dengan ventilasi buruk dan kurangnya toilet.

sumber : the Guardian
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA