Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

'Kebohongan Putih' Sanggup Selamatkan Hubungan?

Selasa 05 Jan 2016 08:03 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari

Sesungguhnya ada sejumlah kebohongan yang justru bisa membuat hubungan tetang hangat dan baik.

Sesungguhnya ada sejumlah kebohongan yang justru bisa membuat hubungan tetang hangat dan baik.

Foto: hercareer

REPUBLIKA.CO.ID, Kebenaran dan kejujuran sering dianggap sebagai pilar kunci sebuah hubungan kuat. Penelitian terbaru yang hasilnya cukup mengejutkan menunjukkan bahwa berbohong juga bisa menjadi faktor penting dalam menjaga hubungan sehat.

Orang pada umumnya setuju bahwa berbohong hanya menyebabkan ketegangan dan argumen serius antarpasangan. Tidak peduli bagaimana caranya Anda berbohong, hasil akhirnya tetap buruk.

Dilansir dari The Fuss, Selasa (5/1), penelitian yang diterbitkan dalam Proceedings of the Royal Society B menunjukkan ada beberapa jenis kebohongan yang bisa membuat Anda lebih dekat dengan teman-teman atau pasangan. Sekelompok peneliti berafiliasi dengan Alto University School of Science di Finlandia menyebut adanya 'kebohongan putih' dan 'penipuan' dalam sebuah hubungan.

(baca: 5 Tanda Hubungan Asmara Anda Harus Diakhiri)

Kebohongan putih bertujuan untuk melindungi perasaan orang lain atau membantu seseorang. Penipuan atau kebohongan yang antisosial di sisi lain bertujuan untuk menutupi kesalahan atau memperoleh keuntungan pribadi.

Sebagian besar masyarakat menilai kebohongan adalah ciri kepribadian buruk, namun kebanyakan orang juga setuju kebohongan kecil dapat diterima dalam situasi tertentu, misalnya menghindari perasaan menyakiti orang lain. Penelitian ini menyimpulkan keseimbangan antara kejujuran dan kebohongan kecil penting untuk menjaga lingkungan harmonis.

Mengetahui kapan melakukan 'kebohongan putih' akan memperkuat koneksi. Contoh sederhana, seorang teman bertanya apakah baju yang dipakainya tampak indah, Anda bisa saja merasa bersalah jika mengatakan pakaiannya buruk. Anda bisa melakukan yang terbaik untuk memastikan teman Anda percaya diri dengan apa yang dikenakannya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA