Monday, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 February 2020

Monday, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 February 2020

Bukit Kemuning Batam Longsor, Enam Rumah Tertimbun

Ahad 03 Jan 2016 17:54 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Longsor (ilustrasi).

Longsor (ilustrasi).

Foto: Gunadi/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM --  Hujan yang berlangsung terus menerus di Kota Batam sejak dua hari terakhir mengakibatkan jalan di Bukit Kemuning Seibeduk Kota Batam longsor. Longsor tersebut  menimbun enam rumah di bawahnya. "Enam rumah rusak karena terkena longsoran. Empat roboh tertimbun, dua rusak ringan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu," kata warga Seibeduk, Mariyanto, Ahad (3/1).

Longsor yang terjadi sekitar pukul 07.00 WIB tersebut sempat mengagetkan warga sekitar khususnya penghuni Perumahan Nusa Indah yang berada dibawah bukit. Mariyanto mengatakan, warga kaget karena kejadian tiba-tiba. Selain yang rumahnya tertimbun, warga yang dekat lokasi longsoran juga mengungsi karena takut longsor susulan.

Puluhan aparat dari Satuan Brimob Polda Kepri, turun dan melakukan pembersihan pohon yang tumbang saat kejadian. Pohon tumbang dan mengenai rumah warga, dipotong dan kayunya dipindahkan.

Petugas juga masih siaga di jalan yang longsor, karena warga silih berganti datang, untuk melihat jalan yang longsor. Polisi melarang warga terlalu dekat dengan jalan yang putus khawatir akan terjadi longsoran.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Batam, Raja Azman mengatakan pihaknya akan membuat dapur umum untuk mencukupi kebutuhan warga korban longsor dan yang mengungsi akibat takut terkena longsor susulan. "Kami siapkan dapur umum, karena ada rumah warga yang rusak. Kami pindahkan sementara warga menjauh dari lokasi longsor agar aman," kata dia.

Ia juga mengimbau warga Batam khususnya yang berada dekat perbukitan agar waspada, mengingat curah hujan tinggi berpotensi mengakibatkan longsor pada lokasi lain, Hingga sore hari,  nampak petugas kepolisian terus berupaya membersihkan longsoran dari lokasi tersebut. Sejumlah warga nampak membantu, warga lainnya sebagian menonton.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA