Thursday, 22 Rabiul Awwal 1443 / 28 October 2021

Thursday, 22 Rabiul Awwal 1443 / 28 October 2021

Rektor Universitas Ahmad Dahlan Tanam Pohon Qur'ani

Ahad 03 Jan 2016 15:19 WIB

Rep: yulianingsih/ Red: Damanhuri Zuhri

pohon zaitun

pohon zaitun

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Rektor Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta Kasiyarno menanam pohon qur'ani di kompleks kampus IV UAD, Ahad (3/1).

Penanaman pohon tersebut dilakukan sebagai upaya penghijauan di kampus baru UAD. Penanaman pohon ini dilakukan bersamaan dengan family gathering Milad UAD 2015.

Pohon qur'ani yang ditanam ini adalah pohon-pohon yang banyak dsebutkan dalam Alqur'an. Pohon tersebut adalah pohon tin, pohon waja dan pohon zaitun. Rektor menanam lima pohon Islami tersebut.

Menurut Kasiyarno, UAD adalah perguruan tinggi Muhammadiyah yang banyak mengajarkan nilai-nilai Alqur'an dan Hadist. "Karenanya apa yang kita bangun dan kita tanam juga kita upayakan sesuai dengan apa yang ada di Al qur'an," katanya.

Menurut Kasiyarno, melalui pohon-pohon tersebut pihaknya ingn  memperkenalkan tanaman-tanaman yang disebutkan dalam Alquran kepada mahasiswa. Pohon-pohon qur'ani tersebut diperoleh dari sumbangan spontanitas keluarga besar dosen FMIPA dan FTDI yang menjadi panita Milad UAD kali ini.

"Kami ingin mewujudkan kampus UAD menjadi kampus  yang Islami, nyaman, dan membuat atmosfer akademiknya menjadi barometer di Yogyakarta," katanya.

Ke depan, kampus IV UAD juga akan dipenuhi dengan beberapa tanaman langka dan tanaman Islami lainnya. Tanaman langka ini antara lain  kepel (khas keraton), sawo bludru,  dan sawo kecik.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA