Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Berantas kemiskinan di Indonesia dengan disiplin

Jumat 01 Jan 2016 16:02 WIB

Red: M Akbar

Salah satu potret kemiskinan di ibukota (ilustrasi).

Salah satu potret kemiskinan di ibukota (ilustrasi).

Foto: Republika/Aditya Pradana Putra

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Dr. Murniati Mukhlisin, M.Acc (Konsultan, Sakinah Finance, Colchester, UK)


Disiplin adalah salah satu syarat untuk menjalankan manajemen keuangan keluarga bagi rakyat miskin. Walau terkesan buang-buang waktu dan kegiatannya membosankan ternyata praktek keuangan tersebut berdampak positif.

Dalam sebuah riset yang ditulis oleh Profesor Steven Waker, seorang Guru Besar bidang akuntansi di Edinburgh University, Inggris, disebutkan bahwa menajemen keuangan bagi keluarga miskin dapat membantu peningkatan taraf hidup.

Dalam risetnya, disebutkan sebuah studi kasus rehabilitasi ekonomi tahun 1930-an setelah Great Depression besar-besaran yang menimpa Amerika saat itu.
 
Program rehabilitasi yang dibuat untuk membangunkan semangat 750 ribu petani di Amerika saat itu dimulai dari pemberian modal usaha dan latihan kedisiplinan dalam mengatur keuangan keluarga.

Selama program pemberian modal usaha itu berlangsung, para petani (termasuk anggota istri dan anak-anaknya) diajarkan para petugas lapangan bagaimana mengatur keuangan dengan baik. Caranya mulai menuliskan berapa hasil panen yang dijual, berapa keuntungan, untuk apa saja dibelanjakan (makan, baju, buku) hingga berapa sumbangan untuk gereja diberikan.

Setelah program berakhir, didapati para petani dan keluarganya berhasil memperbaiki taraf hidup. Dalam pengukuran kesuksesan program itu didapat kesimpulan bahwa salah satu faktor keberhasilan adalah karena kedisiplinan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA